ANALISIS KETIMPANGAN PENDAPATAN DI PULAU JAWA PERIODE 2015-2021

ADINA, Nisrina Farah and FIRMANSYAH, Firmansyah,(1 December 2022), ANALISIS KETIMPANGAN PENDAPATAN DI PULAU JAWA PERIODE 2015-2021. , KETIMPANGAN PENDAPATAN DI PULAU JAWA PERIODE 2015-2021, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (32kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (56kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (57kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (76kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (129kB)
[thumbnail of Fukktext PDF Bookmarks] Text (Fukktext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (863kB) | Request a copy

Abstract

Pembangunan ekonomi dilakukan oleh suatu negara untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Di Indonesia, masalah yang masih sering terjadi yaitu adanya ketimpangan pendapatan. Ketimpangan pendapatan dapat terjadi di wilayah perkotaan, perdesaan, antarprovinsi, maupun antarwilayah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh PDRB Per kapita, pengangguran, pendidikan, dan jumlah penduduk terhadap ketimpangan pendapatan dengan studi kasus 6 Provinsi (DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur dan Banten) di Pulau Jawa dari tahun 2015-2021. Penelitian ini menggunakan data sekunder dan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel. Data yang digunakan adalah data panel berupa data cross section 6 Provinsi di Pulau Jawa dan time series selama 2015-2021. Model yang digunakan adalah Fixed Effect Model (FEM). Berdasarkan hasil penelitian ini variabel PDRB per kapita dan Jumlah Penduduk tidak berpengaruh terhadap ketimpangan pendapatan, variabel TPT berpengaruh positif dan signifikan. Sedangkan variabel RLS memiliki pengaruh negatif dan signifikan.
Keywords : Income Inequality, GRDP Per Capita, Unemployment, Education, Population, Gini Index, Fixed Effect Model (FEM)., Ketimpangan Pendapatan, PDRB Per Kapita, Pengangguran, Pendidikan, Jumlah Penduduk, Indeks Gini, Fixed Effect Model (FEM).
Journal or Publication Title: KETIMPANGAN PENDAPATAN DI PULAU JAWA PERIODE 2015-2021
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Nisrina Farah Adina
Date Deposited: 23 Dec 2022 07:32
Last Modified: 23 Dec 2022 07:36
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11955

Actions (login required)

View Item
View Item