ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN TRANSAKSI PEMBAYARAN NON-TUNAI TERHADAP PERMINTAAN AGREGAT DI INDONESIA

TALITHANADHEA, Nabila and FIRMANSYAH, Firmansyah,(21 December 2022), ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN TRANSAKSI PEMBAYARAN NON-TUNAI TERHADAP PERMINTAAN AGREGAT DI INDONESIA. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (71kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (32kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (31kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (133kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (104kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pembayaran non-tunai di Indonesia semakin berkembang mengikuti kemajuan teknologi dan inovasi sehingga dapat menggeser peranan uang tunai kemudian beralih dengan pembayaran non-tunai, yang berguna untuk lebih memudahkan masyarakat dalam melakukan kegiatan bertransaksi dalam kehidupan sehari-hari masyakarat. Kehadiran pembayaran non-tunai di nilai memiliki efek substitusi (lebih efektif, ringan dan transparan) dibandingkan uang kartal, dan efek efisiensi yaitu dapat meningkatkan transaksi dan konsumsi masyarakat yang diharapkan dapat meningkatkan permintaan agregat di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan pembayaran non-tunai terhadap permintaan agregat di Indonesia. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu PDB riil, volume transaksi penggunaan kartu debit/ATM, kliring dan RTGS (Real Time Gross Settlement). Data yang digunakan yaitu data sekunder dan data time series selama periode tahun 2012 hingga 2021 yang bersumber dari Bank Indonesia dan Bank Pusat Statistika Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu dengan metode ECM (Error Correction Model). Hasil penelitian menunjukan dalam jangka panjang, penggunaan pembayaran non-tunai untuk variabel kartu debit dan kliring, yang berpengaruh positif dapat meningkatkan PDB. Dalam jangka pendek, variabel kartu debit dan RTGS berpengaruh positif dan signifikan terhadap PDB.
Keywords : Cashless Payment, Aggregat Demand, ECM, Short-term, Long-term, Pembayaran Non-tunai, Permintaan Agregat, ECM, Jangka Pendek, Jangka Panjang.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Nabila Talithanadhea Wirawan
Date Deposited: 28 Dec 2022 01:47
Last Modified: 28 Dec 2022 01:47
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/11986

Actions (login required)

View Item
View Item