ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI KAWASAN SUBOSUKAWONOSRATEN TAHUN 2016-2020

PUTRI, Cendy Septiana and WOYANTI, Nenik,(13 December 2022), ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI KAWASAN SUBOSUKAWONOSRATEN TAHUN 2016-2020. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (307kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Meskipun angka indeks pembangunan manusia di Kawasan Subosukawonosraten paling tinggi di antara kawasan pengembangan regional di Provinsi Jawa Tengah, namun masih terdapat tiga kabupaten/kota yang memiliki rata-rata indeks pembangunan manusia di bawah rata-rata indeks pembangunan manusia Provinsi Jawa Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi Indeks Pembangunan Manusia di Kawasan Subosukawonosraten tahun 2016-2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data panel sekunder yang terdiri dari data time series dan cross section. Metode analisis yang digunakan adalah model regresi daya panel (Pooled Least Square), dan analisis data panel yang digunakan Fixed Effect Model (FEM), untuk mengetahui pengaruh Variabel PDRB per kapita, Pengeluaran pemerintah bidang kesehatan, Pengeluaran pemerintah bidang pendidikan, dan Tingkat partisipasi angkatan kerja (TPAK) terhadap Variabel Indeks Pembangunan Manusia selama kurun waktu tahun 2016 hingga 2020 di Kawasan Subosukawonosraten. Berdasarkan hasil analisis regresi diketahui bahwa variabel PDRB per kapita memiliki pengaruh positif dan signifikan, kemudian variabel pengeluaran pemerintah bidang kesehatan memiliki pengaruh positif dan signifikan, variabel pengeluaran pemerintah bidang pendidikan memiliki pengaruh positif dan signifikan, variabel tingkat partisipasi angkatan kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan, variabel dummy 1 rendah memiliki pengaruh negatif dan signifikan, serta variabel dummy 2 sedang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Kawasan Subosukawonosraten.
Keywords : Human Development Index, GRDP per capia, Health, Education, Fixed effect model, Subosukawonosraten., Indeks Pembangunan Manusia, PDRB per kapia, Kesehatan, Pendidikan, Fixed effect model, Subosukawonosraten.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Cendy Septiana
Date Deposited: 28 Dec 2022 06:24
Last Modified: 28 Dec 2022 06:35
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12001

Actions (login required)

View Item
View Item