PENGARUH PROGRAM KARTU PRAKERJA TERHADAP LAMA MENCARI KERJA DI KOTA SEMARANG

PRISCILIA, Risky and PURWANTI, Evi Yulia,(16 December 2022), PENGARUH PROGRAM KARTU PRAKERJA TERHADAP LAMA MENCARI KERJA DI KOTA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (36kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (7kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (7kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (84kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (151kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Ketidakseimbangan antara jumlah angkatan kerja dengan besarnya kesempatan kerja mengakibatkan munculnya masalah pengangguran. Masalah pengangguran yang terjadi juga merupakan akibat dari adanya ketidaksesuaian keterampilan atau skill yang dibutuhkan oleh pemberi kerja. Situasi ini mendorong pemerintah mengeluarkan program Kartu Prakerja untuk membantu meningkatkan keterampilan melalui pelatihan kerja dan insentif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel-variabel program pelatihan dan insentif Kartu Prakerja, tingkat pendidikan, pengalaman kerja, reservation wage, umur, dan jenis kelamin terhadap lama mencari kerja di Kota Semarang. Berdasarkan teori modal manusia, pendidikan dan pelatihan adalah komponen penting yang akan meningkatkan produktivitas dan keterampilan sumber daya manusia. Penelitian in merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan data primer dengan responden yang pernah menerima program Kartu Prakerja di Kota Semarang. Penelitian ini dilakukan di Kota Semarang. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda (Ordinary Least Square). Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pelatihan dan insentif Kartu Prakerja, tingkat pendidikan, dan reservation wage berpengaruh signifikan terhadap lama mencari kerja di Kota Semarang. Sedangkan pengalaman kerja, umur, dan jenis kelamin tidak berpengaruh signifikan terhadap lama mencari kerja. Oleh karena itu diperlukan peninjauan dan pengembangan terhadap skema program Kartu Prakerja terutama dalam akses penyaluran kerja. faktor pengalaman kerja dan usia juga perlu menjadi perhatian khusus bagi para pencari kerja yang disesuaikan dengan tingkat pendidikan dan keterampilan yang dimiliki. Besarnya pengaruh pelatihan dan insentif Kartu Prakerja, tingkat pendidikan, pengalaman kerja, reservation wage, umur, dan jenis kelamin terhadap lama mencari kerja sebesar 43,32%, sedangkan sisanya sebesar 56,68% dijelaskan oleh variabel lain diluar model penelitian.
Keywords : length of time looking for work, pre-employment cards, training, incentives, education, work experience, reservation wage, age, gender, lama mencari kerja, kartu prakerja, pelatihan, insentif, pendidikan, pengalaman kerja, reservation wage, umur, jenis kelamin.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Risky Priscilia
Date Deposited: 29 Dec 2022 01:43
Last Modified: 29 Dec 2022 01:43
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12010

Actions (login required)

View Item
View Item