PENGARUH PERSEPSI WAJIB PAJAK TENTANG PELAYANAN FISKUS DAN PENGETAHUAN PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK (Studi Empiris PadaWajib Pajak Orang Pribadi Pengusaha Batik di Kota Pekalongan)

FITRIANI, Kumala Dian and ZULAIKHA, Zulaikha,(22 March 2011), PENGARUH PERSEPSI WAJIB PAJAK TENTANG PELAYANAN FISKUS DAN PENGETAHUAN PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK (Studi Empiris PadaWajib Pajak Orang Pribadi Pengusaha Batik di Kota Pekalongan). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (47kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract) - Published Version
Download (203kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak) - Published Version
Download (203kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (235kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (442kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kendala yang dapat menghambat upaya peningkatan tax ratio adalah kepatuhan wajib pajak (tax compliance). Dalam penelitian ini mengkaji tingkat kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (WP OP) Pengusaha Batik di Kota Pekalongan dengan menggunakan variabel bebas persepsi wajib pajak tentang pelayanan fiskus dan pengetahuan perpajakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh persepsi wajib pajak tentang pelayanan fiskus dan pengetahuan perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak. Populasi dalam penelitian ini adalah Wajib Pajak Orang Pribadi (WP OP) Pengusaha Batik di Kota Pekalongan. Berdasarkan data yang diperoleh tercatat jumlah Pengusaha Batik sebanyak 630 orang dan yang memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) hanya 252 orang. Pengusaha Batik yang dijadikan sampel merupakan Pengusaha yang memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Jumlah sampel sebanyak 81 responden. Metode pengambilan data primer yang digunakan adalah metode angket (kuesioner). Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan maka diperoleh kesimpulan bahwa persepsi wajib pajak tentang pelayanan fiskus dan pengetahuan perpajakan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak.
Keywords : tax compliance, taxpayer perceptions, service of fiscus and tax knowledge, Kepatuhan wajib pajak, persepsi wajib pajak, pelayanan fiskus dan pengetahuan perpajakan.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 29 Dec 2022 01:22
Last Modified: 29 Dec 2022 01:22
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12012

Actions (login required)

View Item
View Item