ANALISIS PENGARUH RELIGIUSITAS, HALAL AWARENESS, MOTIF EKONOMI, BRAND IMAGE DAN PROSEDUR PENGURUSAN SERTIFIKASI HALAL TERHADAP PENCANTUMAN LABEL HALAL (Studi pada Pelaku UMKM Produk Pangan Olahan di Kota Semarang)

PRASETYO, Mohammad Iqbal and SANTOSA, Purbayu Budi,(4 October 2022), ANALISIS PENGARUH RELIGIUSITAS, HALAL AWARENESS, MOTIF EKONOMI, BRAND IMAGE DAN PROSEDUR PENGURUSAN SERTIFIKASI HALAL TERHADAP PENCANTUMAN LABEL HALAL (Studi pada Pelaku UMKM Produk Pangan Olahan di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (184kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (107kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (107kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (173kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (137kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Peraturan Pemerintah No. 39 Tahun 2021 menyebutkan bahwa pencantuman label halal pada pelaku UMKM saat ini dapat melalui 2 cara yaitu self declare dan reguler. Namun, hasil pra-survey penelitian menunjukkan 29 dari 50 UMKM di Semarang masih belum memiliki sertifikat halal. Hadirnya PP No. 39 Tahun 2021 terbilang masih baru dikarenakan kebijakan tersebut berjalan kurang lebih satu tahun. Sejauh pengetahuan dan pengamatan penulis, penelitian tentang preferensi kepemilikan pencantuman label halal masih sangat terbatas yang dikarenakan penelitian terkait label halal biasanya dilakukan dari sisi konsumen. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari faktor religiusitas, halal awareness, motif ekonomi, brand image, dan prosedur pengurusan terhadap keputusan produsen dalam pencantuman label halal pada produk pangan olahan. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM produk pangan olahan di Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel non probability sampling yaitu purposive sampling, bagi sampel dari populasi yang memenuhi syarat. Penelitian ini dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada 100 responden pelaku UMKM produk pangan olahan di Kota Semarang. Metode penelitian menggunakan analisis regresi logistik biner. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa variabel religiusitas, halal awareness, motif ekonomi, dan brand image berpengaruh positif terhadap keputusan mencantumkan label halal dengan metode self declare, variabel brand image berpengaruh paling kuat dibandingkan variabel lain. Hasil penelitian secara simultan terdapat pengaruh keputusan pelaku UMKM produk pangan olahan mencantumkan label halal.
Keywords : Halal label, MSME actors, self declare, regular, religiosity, halal awareness, economic motives, brand image, management procedures., Label halal, pelaku UMKM, self declare, reguler, religiusitas, halal awareness, motif ekonomi, brand image, prosedur pengurusan.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Mohammad Iqbal Prasetyo
Date Deposited: 30 Dec 2022 07:59
Last Modified: 30 Dec 2022 08:01
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12047

Actions (login required)

View Item
View Item