PENGARUH ELEMEN FRAUD DIAMOND DAN AFEK NEGATIF TERHADAP PENYIMPANGAN ATAS ASET (STUDI PADA PEGAWAI BPS SE PROVINSI ACEH)

SYARIFUDDIN, Andy and ROHMAN, Abdul,(30 December 2022), PENGARUH ELEMEN FRAUD DIAMOND DAN AFEK NEGATIF TERHADAP PENYIMPANGAN ATAS ASET (STUDI PADA PEGAWAI BPS SE PROVINSI ACEH). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (79kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (60kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (61kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (79kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (209kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan memperoleh bukti empiris tentang Penyimpangan Atas Aset yang dilakukan pegawai dengan tekanan, peluang, kapabilitas, dan rasionalisasi sebagai variabel prediktor serta keterkaitan antara afek negatif yang dirasakan dengan rasionalisasi yang dilakukan. Teori fraud diamond dan kerangka jalur psikologis penipuan (Murphy dan Dacin, 2011) digunakan untuk menjelaskan hubungan antar variabel. Responden yang menjadi objek dalam penelitian adalah pegawai di wilayah BPS Provinsi Aceh. Penelitian ini merupakan studi cross sectional dengan menggunakan data primer. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan metode simple random sampling. Data dikumpulan dengan menyebarkan kuesioner berupa google form ke email responden. Kuesioner yang kembali sebanyak 93,75 persen atau 210 responden. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan Structural Equation Model-Partial Least Squares (SEM-PLS) yang dijalankan dengan program SmartPLS versi 3.2.9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel tekanan, peluang, kapabilitas, dan rasionalisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap penyimpangan atas aset yang dilakukan pegawai. Afek negatif yang dirasakan juga berpengaruh signifikan terhadap rasionalisasi yang dilakukan. Implikasi dari penelitian ini memberikan wawasan kepada regulator mengenai faktor penyebab individu melakukan penyimpangan atas aset dalam membangun sistem perencanaan dan pengawasan dalam pengelolaan anggaran dan Barang Milik Negara (BMN).
Keywords : asset misappropriation, pressure, opportunity, capability, rationalization, negative affect, fraud diamond, psychological pathways to fraud., penyimpangan atas aset, tekanan, peluang, kapabilitas, rasionalisasi, afek negatif, fraud diamond, jalur psikologis penipuan.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Andy Syarifuddin
Date Deposited: 10 Jan 2023 03:55
Last Modified: 10 Jan 2023 04:02
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12115

Actions (login required)

View Item
View Item