SUGIYANTO, Brigas Mahatmaloka and ADITYAWARMAN, Adityawarman,(27 December 2022), ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PENERAPAN PRINSIP - PRINSIP SYARI’AH TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN HOTEL SYARI’AH X DI SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (69kB)
Download (69kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (5kB)
Download (5kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (136kB)
Download (136kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (161kB)
Download (161kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (148kB)
Download (148kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Seiring dengan semakin berkembangnya ekonomi syari’ah di Indonesia, saat ini banyak lembaga yang menerapkan prinsip syari’ah dalam menjalankan usahanya, salah satunya hotel syari’ah. Hal yang membedakan hotel syari’ah dengan dengan hotel lainnya adalah dari segi pelayanan dan fasilitas yang diberikan mencerminkan nilai islami dan bernuansa religi. Diantaranya adalah pihak hotel hanya menyediakan makanan dan minuman yang halal, semua karyawan menggunakan busana yang menutup aurat, serta menyediakan peralatan ibadah di setiap kamar hotel.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas pelayanan dan penerapan prinsip-prinsip syari’ah terhadap minat konsumen pada hotel syari’ah di Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen dan pengguna jasa Hotel Syari’ah X di Semarang. Pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling dengan accidental sampling yang berjumlah 95 responden. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan angket (kuesioner) yang diukur dengan skala likert. Pada penelitian ini data yang diperoleh dianalisis menggunakan regresi berganda dengan bantuan aplikasi SPSS 24.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dan penerapan prinsip - prinsip syari’ah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Begitu pula secara simultan variabel kualitas pelayanan dan penerapan prinsip - prinsip syari’ah berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen Hotel Syari’ah X di Semarang.
Keywords : | service quality, application of shari'ah principles, customer satisfaction, shari'ah hotels, kualitas pelayanan, penerapan prinsip-prinsip syari’ah, kepuasan konsumen, hotel syari’ah |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Ekonomi Islam |
Depositing User: | Brigas Mahatmaloka Sugiyanto |
Date Deposited: | 13 Jan 2023 01:28 |
Last Modified: | 13 Jan 2023 01:28 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12136 |