DAMARANI, Zelika Nidya and RAHARDJO, Susilo Toto,(22 December 2022), ANALISIS KINERJA PEMASARAN DARI PERSPEKTIF PRODUK RAMAH LINGKUNGAN (GREEN PRODUCT) DAN DESAIN UNTUK KEBERLANJUTAN (DESIGN FOR SUSTAINABILITY) (Studi pada PT Techpack Asia). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (12kB)
Download (12kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (8kB)
Download (8kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (8kB)
Download (8kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (14kB)
Download (14kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (121kB)
Download (121kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (953kB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (953kB) | Request a copy
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami peran perusahaan kemasan
kosmetik dalam meningkatkan kinerja berkelanjutan melalui format kemasan yang
ramah lingkungan. Industri kemasan kosmetik dapat memainkan peran sangat besar
dalam mengatasi masalah lingkungan (pemanasan iklim, emisi karbon) dalam
penjualan dan keputusan pembelian pelanggan untuk model kemasan yang lebih
ramah lingkungan daripada kemasan tradisional. Kepedulian konsumen yang sadar
lingkungan terhadap isu lingkungan menjadikan isu lingkungan sebagai salah satu
strategi pemasaran. Strategi green marketing sangat menguntungkan karena banyak
konsumen memilih produk yang berbahan baku alami, termasuk kemasan yang
membungkusnya. Namun pengetahuan masyarakat Indonesia terhadap isu
lingkungan akibat penggunaan kemasan plastik belum merata. Kebanyakan
masyarakat Indonesia tidak tertarik untuk mengetahui jenis plastik apa dan
bagaimana yang dianggap dapat mengurangi isu lingkungan. Hal inilah yang
menjadikan pelaku bisnis kosmetik memiliki pertimbangan untuk menerapkan
bisnis green product dan desain untuk sustainability, green marketing dan green
consumerism di Negara Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode penelitian kualitatif. Penelitian ini berfokus pada desain dan konsep
ramah lingkungan kemasan kosmetik perusahaan PT Techpack Asia yang didorong
oleh kemunculan regulasi pemerintah yang kemudian mempengaruhi kinerja
pemasaran dari yang sebelumnya menggunakan kemasan konvensional berubah
menjadi kemasan lebih ramah lingkungan, sehingga penelitian ini menggunakan
pendekatan naratif atau narrative approach. Data yang digunakan dalam penelitian
ini yaitu data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah 3
karyawan dengan jabatan tertentu di perusahaan PT Techpack Asia. Hasil penelitian
menyimpulkan bahwa dengan pengelolaan dan perencanaan yang terstruktur dengan
baik, didukung oleh kebijakan pemerintah dan pelanggan, memberikan dampak
positif bagi pelaku usaha untuk meningkatkan kinerja format kemasan ramah
lingkungan.
Keywords : | Marketing performance, Green Product; Green Marketing; Design on Sustainability, Kinerja Pemasaran; Green Product; Green Marketing; Desain Sustainability |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Zelika Nidya Damarani |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 02:26 |
Last Modified: | 17 Jan 2023 02:54 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12146 |