PANUWUN, Petrus Kane Puput and PERDHANA, Mirwan Surya,(9 December 2022), EVALUASI STRATEGI TRANSFORMASI ORGANISASI DI PT PERTAMINA PATRA NIAGA (STUDI FENOMENOLOGI PADA GENERASI X, Y, DAN Z). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (233kB)
Download (233kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (229kB)
Download (229kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (229kB)
Download (229kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (242kB)
Download (242kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (459kB)
Download (459kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Perkembangan zaman membuat banyak organisasi harus bertransformasi.
Transformasi organisasi melibatkan perubahan arah organisasi dari posisi sekarang
ke posisi yang lebih diinginkan, sebagai upaya untuk merespon tantangan dan
peluang baru dengan lebih baik. Penelitian ini merupakan sebuah evaluasi atas
strategi transformasi organisasi yang baru saja terjadi di PT Pertamina Patra Niaga
(PPN), dengan mempelajari bagaimana persepsi tiap generasi (X, Y, dan Z)
terhadap proses transformasi organisasi. Hal ini sangat penting guna membangun
sebuah model change management strategy yang ideal berdasarkan persepsi antar
generasi, sehingga meningkatkan keberhasilan atas transformasi organisasi yang
ditetapkan, serta pada akhirnya dapat meningkatkan kinerja organisasi. Penelitian
kualitatif ini menggunakan pendekatan fenomenologi dan dilakukan di PT PPN
Regional Jawa Bagian Tengah (RJBT). Partisipan dipilih menggunakan metode
purposive sampling, dan selanjutnya dilakukan wawancara terstruktur. Seluruh
kegiatan wawancara dilakukan perekaman dan selanjutnya ditranskripkan. Hasil
penelitian disajikan dalam dua kategori, yaitu : organizational learning (dengan sub
kategori yaitu : komitmen bersama, visi bersama, transfer pengetahuan, dan pola
komunikasi) dan readiness for change (dengan sub kategori yaitu : pola
kepemimpinan, keterlibatan karyawan, dan kepuasan karyawan). Berdasarkan hasil
penelitian dan pembahasan yang dilakukan, maka diperoleh model change
management strategy yang ideal berdasarkan persepsi antar generasi. Model ini
terdiri dari 10 strategi yang disusun menggunakan pendekatan knowledge
management dan pengamatan respon perilaku antar generasi. Melalui langkahlangkah
tersebut diharapkan dapat meningkatkan keberhasilan atas transformasi
organisasi yang ditetapkan serta pada akhirnya dapat meningkatkan kinerja
organisasi.
Keywords : | organizational transformation, qualitative phenomenology, change management strategy, generations X Y and Z, knowledge management, transformasi organisasi, kualitatif fenomenologi, change management strategy, generasi X Y dan Z, knowledge management |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Petrus Kane Puput Panuwun |
Date Deposited: | 18 Jan 2023 03:31 |
Last Modified: | 18 Jan 2023 03:54 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12152 |