PENGARUH SISTEM PEMBAYARAN NON TUNAI TERHADAP PDB INDONESIA TAHUN 2011-2021

LARASATI, Gita Azura and SBM, Nugroho,(19 December 2022), PENGARUH SISTEM PEMBAYARAN NON TUNAI TERHADAP PDB INDONESIA TAHUN 2011-2021. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (26kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (215kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (215kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (219kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (337kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi yang menuntut serba cepat dan mudah turut mendorong perkembangan sistem pembayaran yang merupakan salah satu komponen yang dapat mendukung pertumbuhan perekonomian. Inovasi dalam Sistem pembayaran non tunai yang dikembangan oleh Bank Indonesia hingga saat ini dapat membantu masyarakat agar lebih mudah dan cepat dalam melakukan transaksi untuk memenuhi kebutuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem pembayaran non tunai menggunakan uang elektronik (e-money) dan Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (APMK) dengan kartu debit/ATM dan kartu kredit terhadap pertumbuhan perekonomian Indonesia dengan menggunakan indikator Produk Domestik Bruto (PDB). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan model Ordinary Least Square (OLS) dengan pengujian statistik menggunakan uji Koefisien Determinasi (R²), uji simultan (uji F) dan uji parsial (uji t) menggunakan eviews 10. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder berupa time series dalam interval triwulan periode 2011 sampai 2021 yang diperoleh dari website Bank Indonesia dan Badan Pusat Statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kartu debit/ATM berpengaruh positif signifikan terhadap PDB yang artinya jika penggunaan kartu debit/ATM meningkat maka akan mendorong peningkatan PDB Indonesia. Sedangkan kartu kredit dan uang elektronik tidak berpengaruh signifikan terhadap PDB yang artinya naik atau turunnya penggunaan kartu kredit maupun uang elektronik (e-money) tidak memengaruhi peningkatan PDB Indonesia. Secara simultan kartu debit/ATM, kartu kredit dan uang elektronik berpengaruh positif signifikan terhadap PDB yang artinya jika penggunaan pembayaran dengan APMK dan uang elektronik mengalami peningkatan secara simultan, maka akan mendorong peningkatan PDB Indonesia.
Keywords : noncash payment, cashless, Card-Using Payment Instruments, e-money, Gross Domestic Product (GDP), pembayaran non tunai, cashless, Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (APMK), e-money, Produk Domestik Bruto (PDB)
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Gita Azura Larasati
Date Deposited: 25 Jan 2023 08:45
Last Modified: 25 Jan 2023 08:45
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12168

Actions (login required)

View Item
View Item