ANALISIS PENGARUH KEPERCAYAAN, PERSEPSI RISIKO, DAN E-SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI LAZADA DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

URNIKA, Arin and KHASANAH, Imroatul,(31 January 2023), ANALISIS PENGARUH KEPERCAYAAN, PERSEPSI RISIKO, DAN E-SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI LAZADA DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (39kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (6kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (6kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (106kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (175kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pesatnya perkembangan internet telah memberikan dampak yang signifikan terhadap perkembangan bisnis di Indonesia, salah satunya adalah dengan munculnya perdagangan elektronik (e-commerce). E-commerce telah menciptakan fenomena pergeseran perilaku belanja konsumen dari offline menjadi online melalui platform e-commerce. Lazada merupakan salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia. Lazada pernah menguasai pasar e-commerce di Indonesia. Namun, seiring berjalannya waktu, banyak e-commerce baru yang bermunculan. Persaingan bisnis e-commerce pun menjadi semakin ketat. Pesatnya perkembangan internet dan peningkatan bisnis e-commerce di Indonesia ternyata tidak sejalan dengan keberhasilan Lazada. Lazada mengalami penurunan jumlah kunjungan konsumen dan memiliki pangsa pasar sedikit, yang akhirnya membuat Lazada mengalami penurunan peringkat karena kalah dalam bersaing. Menurunnya jumlah konsumen dan sedikitnya pangsa pasar Lazada tersebut mengindikasian berkurangnya keinginan konsumen untuk melakukan keputusan pembelian online di Lazada. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepercayaan, persepsi risiko, dan e-service quality terhadap keputusan pembelian di Lazada dengan minat beli sebagai variabel intervening. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengguna Lazada di Indonesia. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 130 responden. Metode data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Data yang diperoleh kemudian diolah dan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan alat analisis AMOS 24.0. Berdasarkan hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Persepsi risiko berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, e-service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, dan minat beli berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Keywords : Trust, Risk Perception, E-Service Quality, Purchase Intention, Purchase Decision, Kepercayaan, Persepsi Risiko, E-Service Quality, Minat Beli, Keputusan Pembelian
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Arin Urnika
Date Deposited: 15 Feb 2023 04:23
Last Modified: 15 Feb 2023 04:23
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12219

Actions (login required)

View Item
View Item