PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE, UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE DAN KUALITAS AUDIT TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2017-2021)

KURNIAWAN, Riski and FUAD, Fuad,(28 February 2023), PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE, UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE DAN KUALITAS AUDIT TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2017-2021). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (125kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (5kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (200kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (141kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (347kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Manajemen laba adalah tindakan yang dilakukan manajemen untuk menaikkan atau menurunkan laba perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris good corporate governance, ukuran perusahaan, leverage dan kualitas audit terhadap manajemen laba. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah 852 data laporan keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2021. Data yang sudah terkumpul kemudian diolah menggunakan alat bantu analisis eviews v9 dengan teknik analisis regresi data panel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran komite audit berpengaruh positif terhadap manajemen laba. Kepemilikan manajerial, ukuran dewan komisaris dan kualitas audit berpengaruh negatif terhadap manajemen laba. Kepemilikan institusional, dan leverage tidak berpengaruh terhadap manajemen laba. Sedangkan ukuran komite audit dan ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap manajemen laba. Peneliti selanjutnya disarankan untuk mengukur manajemen laba menggunakan manajemen laba riil, sebagai bentuk pengungkapan manajemen laba lainnya. Objek penelitian yang disarankan untuk penelitian selanjutnya adalah sub sektor yang ada di perusahaan manufaktur. Peneliti selanjutnya disarankan untuk menambah variabel good corporate governance dan mengganti metode pengukuran variabel dewan komisaris dan kualitas audit dengan metode pengukuran lainnya, bertujuan untuk mendapatkan hasil alternatif dan memperkenalkan variasi terjadinya manajemen laba.
Keywords : Good Corporate Governance, Size, Leverage, Quality Audit, and Earning Management., Good Corporate Governance, Ukuran Perusahaan, Leverage, Kualitas Audit dan Manajemen Laba.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Riski Kurniawan
Date Deposited: 10 Mar 2023 06:01
Last Modified: 10 Mar 2023 07:07
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12320

Actions (login required)

View Item
View Item