STRATEGI PEMBERDAYAAN UMK UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN USAHA DITINJAU DARI ETIKA BISNIS ISLAM (STUDI KASUS USAHA TAHU MURNI PUTRA NATA JAYA ADIWERNA, TEGAL)

SILVIA, Novi and SETIAWAN, Achma Hendra,(23 February 2023), STRATEGI PEMBERDAYAAN UMK UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN USAHA DITINJAU DARI ETIKA BISNIS ISLAM (STUDI KASUS USAHA TAHU MURNI PUTRA NATA JAYA ADIWERNA, TEGAL). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (45kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (183kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (183kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (303kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (597kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

UMKM memainkan peran yang sangat besar dalam pertumbuhan ekonomi nasional, dengan adanya UMKM banyak penyerapan distribusi dan tenaga kerja hal tersebut dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional. UMKM sudah banyak dikelola di Indonesia salah satunya usaha Tahu Murni Putra Nata Jaya Adiwerna, Tegal dengan pemilik Bapak Andi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan usaha. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana strategi pemberdayaan UMKM dalam etika bisnis Islam untuk meningkatkan pendapatan usaha dan pemasaran Tahu Murni Putra Nata Jaya Adiwerna, Tegal. Upaya untuk meningkatkan pendapatan usaha Tahu Murni Putra Nata Jaya Adiwerna, Tegal terdapat beberapa faktor yaitu pemasaran, tenaga kerja, dan teknologi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan alat Analytical Hierarchy Process (AHP) dan terdapat 16 responden. Diperoleh hasil penelitian menunjukkan bahwa secara prioritas faktor yang dapat meningkatkan pendapatan usaha yaitu prioritas pertama pada faktor tenaga kerja dengan sub-kriteria kompetensi kerja, prioritas kedua pada faktor pemasaran dengan sub-kriteria segmentasi pasar, dan prioritas ketiga pada faktor teknologi dengan sub-kriteria mesin pabrik elektrik.
Keywords : MSMe of Tofu, Business Opinion, Marketing, Labor, Technology, UMKM Tahu, Pendapatan Usaha, Pemasaran, Tenaga Kerja, Teknologi
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Novi Silvia
Date Deposited: 10 Mar 2023 06:41
Last Modified: 10 Mar 2023 06:55
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12324

Actions (login required)

View Item
View Item