PENGARUH KINERJA KEUANGAN SEBAGAI MEDIATOR HUBUNGAN ANTARA MODAL INTELEKTUAL DAN NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2021)

KUMALASARI, Maradewi Ayu and IMAM, Ghozali,(26 January 2023), PENGARUH KINERJA KEUANGAN SEBAGAI MEDIATOR HUBUNGAN ANTARA MODAL INTELEKTUAL DAN NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2021). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (120kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (31kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (32kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (164kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (108kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh modal intelektual terhadap nilai perusahaan dan kinerja keuangan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada saat sebelum dan setelah pandemi covid-19, yakni tahun 2015-2021. Peneliti juga menganalisis pengaruh kinerja keuangan dalam memediasi hubungan antara modal intelektual terhadap nilai perusahaan. Sampel penelitian ini berjumlah 138 perusahaan perbankan yang diperoleh dari teknik purposive sampling. Peneliti menggunakan jenis data sekunder atau kuantitatif dengan desain eksplanatori. Data diolah menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) Partial Least Square (PLS) dengan sistem operasi SmartPLS 3.2.9. Pengukuran modal intelektual yang diterapkan ialah hasil dari penggabungan Modified Value-Added Intellectual Capital (MVAIC) dan Adjustment Value-Added Intellectual Capital (A-VAIC) menjadi Adjustment Modified Value-Added Intellectual Capital (AM-VAIC). Peneliti menggunakan empat komponen modal intelektual, diantaranya modal manusia (human capital), modal yang digunakan (capital employed), modal relasional (relational capital) dan modal inovasi (innovation capital). Berdasarkan hasil outer model indikator formatif pada outer weight ditemukan adanya indikator yang tidak signifikan terhadap modal intelektual. Modal inovasi tidak berpengaruh signifikan terhadap modal intelektual saat kondisi sebelum terjadinya pandemi covid-19. Sedangkan, modal manusia tidak berpengaruh signifikan terhadap modal intelektua saat terjadinya pandemi covid-19. Hasil analisis inner model menunjukkan bahwasannya sebelum adanya pandemi covid-19 modal intelektual tidak memiliki pengaruh positif terhadap nilai perusahaan, tetapi berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan. Setelah adanya pandemi covid-19 modal intelektual tidak berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan dan kinerja keuangan. Kinerja keuangan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan saat kondisi sebelum dan setelah pandemi covid-19. Sehingga, kinerja keuangan berpengaruh memediasi modal intelektual terhadap nilai perusahaan hanya saat sebelum pandemi covid-19.
Keywords : Intellectual Capital, Human Capital, Capital Employed, Relational Capital, Innovation Capital, Financial Performance and Firm Value., Modal Intelektual, Modal Manusia, Modal yang digunakan, Modal Relasional, Modal Inovasi, Kinerja Keuangan dan Nilai Perusahaan.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Maradewi Ayu Kumalasari
Date Deposited: 14 Mar 2023 08:23
Last Modified: 17 Mar 2023 03:01
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12334

Actions (login required)

View Item
View Item