ANALISIS PENGARUH WORK-FAMILY CONFLICT, ETIKA KERJA ISLAM DAN BUDAYA ORGANISASI ISLAM TERHADAP KINERJA PERAWAT (STUDI PADA PERAWAT WANITA RS ROEMANI MUHAMMADIYAH SEMARANG)

HERIESTYAWATI, Alyani Shabrina and MAS'UD, Fuad,(17 February 2023), ANALISIS PENGARUH WORK-FAMILY CONFLICT, ETIKA KERJA ISLAM DAN BUDAYA ORGANISASI ISLAM TERHADAP KINERJA PERAWAT (STUDI PADA PERAWAT WANITA RS ROEMANI MUHAMMADIYAH SEMARANG). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (25kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (17kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (16kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (46kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (163kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perawat wanita menjadi pilar penting dan garda depan negara dalam memutus rantai penyebaran covid-19. Hal ini diperkuat dengan data yang merujuk lebih dari 70 persen tenaga medis dunia adalah perempuan. Demikian juga di Indonesia, menurut WHO jumlah perawat perempuan mencapai 71 persen dengan jumlah dokter perempuan seimbang di angka 50 persen, sementara semua bidan adalah perempuan. Rumah sakit dengan perawat wanita yang mendominasi menyebabkan mereka memiliki intensitas yang tinggi sebagai ibu pekerja. Ibu pekerja dapat mengalami penurunan kinerja akibat mengalami depresi, peningkatan stres, peningkatan kelelahan fisik dan tingkat energi yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh work-family conflict, etika kerja Islam, dan budaya organisasi Islam terhadap kinerja perawat wanita RS Roemani Muhammadiyah Semarang. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan pengumpulan data melalui kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah perawat wanita RS Roemani Muhammadiyah Semarang. Menggunakan 86 sampel dengan Teknik purposive sampling dan jenis data yang digunakan adalah data primer. Penelitian ini menggunakan analisis linier berganda dengan menggunakan Statistical Package for Social Science (SPSS) versi 25 dengan Teknik pengukuran skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel work-family conflict secara parsial tidak berpengaruh terhadap kinerja perawat wanita. Sedangkan etika kerja Islam secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perawat wanita. Budaya organisasi Islam terbukti secara parsial berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap kinerja perawat wanita. Work-family conflict, etika kerja Islam, dan budaya organisasi Islam secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perawat wanita.
Keywords : Female Nurse, Work-Family Conflict, Islamic Work Ethics, Islamic Organizational Culture, Nurse Performance, Female Nurse, Semarang Hospital., Perawat Wanita, Work Family Conflict, Etika Kerja Islam, Budaya Organisasi Islam, Kinerja Perawat, Perawat Wanita, Rumah Sakit Semarang.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Alyani Shabrina Heriestyawati
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:48
Last Modified: 20 Mar 2023 07:48
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12353

Actions (login required)

View Item
View Item