Analisis Pengaruh Viral Marketing terhadap Purchase Intention dengan Brand Image dan Brand Awareness sebagai Variabel Intervening Produk Ms Glow (Studi pada Pengguna Twitter Indonesia)

SALINA, Shanerika and SUDARYANTO, Budi,(23 February 2023), Analisis Pengaruh Viral Marketing terhadap Purchase Intention dengan Brand Image dan Brand Awareness sebagai Variabel Intervening Produk Ms Glow (Studi pada Pengguna Twitter Indonesia). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (228kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (185kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (185kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (204kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (333kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Persaingan merek lokal terutama dalah kategori perawatan tubuh dan wajah terus meningkat, salah satu produk lokal yang populer adalah MS Glow. Bukti kesulitan MS Glow dalam persaingan penjualan skincare adalah munculnya isu-isu yang berdampak pada menurunnya minat dan interaksi masyarakat terhadap merek terkait dibarengi dengan data yang menunjukkan volume pembelian menurun, sehingga MS Glow perlu melakukan berbagai strategi untuk tetap bertahan. Pengaruh penggunaan viral marketing menjadikan cepat tersebarnya isu-isu viral mengenai merek perawatan diri lokal MS Glow melalui sosial media Twitter dan menimbulkan respon dan pandangan pengguna Twitter Indonesia yang beragam terhadap MS Glow, sehingga faktor-faktor seperti viral marketing, brand image, dan brand awareness dapat menjadi solusi yang ditawarkan peneliti dalam meningkatkan minat pembelian MS Glow yang didukung oleh data pra-survey. Dengan pendekatan nonprobability-sampling, data diperoleh dari pengguna Twitter Indonesia melalui kuesioner kuantitatif berbentuk google form yang mengandung pertanyaan tertutup dengan skala interval 1-10. Analisis dilakukan dengan metode Structural Equation Model (SEM) menggunakan software AMOS. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa viral marketing berpengaruh negatif terhadap brand image dan brand awareness namun berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention, brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention, serta brand awareness berpengaruh negatif terhadap purchase intention. Pemanfaatan viral marketing memerlukan cara dan penanganan yang tepat agar berhasil dan memberikan efek yang positif dan signifikan.
Keywords : Viral Marketing, Brand Image, Brand Awareness, Purchase Intention, Twitter Indonesia, Viral Marketing, Brand Image, Brand Awareness, Purchase Intention, Twitter Indonesia
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Shanerika Salina
Date Deposited: 24 Mar 2023 06:59
Last Modified: 24 Mar 2023 06:59
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12363

Actions (login required)

View Item
View Item