PERENCANAAN USAHA THRIFT SHOP BAGI GENERASI Z

FACHRIZA, Muhammad Rifkie and RAHARDJA, Edy,(21 February 2023), PERENCANAAN USAHA THRIFT SHOP BAGI GENERASI Z. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (52kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (26kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (30kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (55kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (187kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Fashion memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan mode, penampilan dan gaya hidup. Seiring berjalannya waktu, fashion akan terus berkembang mengikuti zamannya, baik secara fungsional dan emosional sesuai dengan apa yang diharapkan serta bentuk penggambaran di benak penggunanya. Perencanaan usaha thrift shop dapat dilakukan dengan menganalisis aspek pasar dan pemasaran, aspek operasional, aspek sumber daya manusia, dan aspek keuangan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan latar alami yang digambarkan secara naratif, sehingga dapat ditemukan kegiatan dan dampak tindakan yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha thrift shop bagi generasi Z memiliki peluang yang sangat baik untuk memulai sebuah usaha. Pengembangan bisnis thrift shop ur.secondhand membutuhkan pendanaan total sebesar Rp3.030.000 dengan biaya total depresiasi peralatan sebesar Rp638.611. Bisnis thrift shop mendapatkan total penjualan hingga Rp49.750.000 dengan biaya operasional yang dikeluarkan mencapai Rp29.400.000 dalam periode bulan Maret 2021 hingga Febuari 2022. Pendanaan yang dikeluarkan dapat menghasilkan Pay Back Period (PBP) selama 1 tahun 8 bulan, Net Present Value (NPV) sebesar Rp17.320.000, Return on Investment (ROI) sebesar 16%, Return on Assets (ROA) sebesar 75%, Return on Equity (ROE) sebesar 631%, dan Return on Sales (ROS) sebesar 38%. Dari perhitungan analisis yang ada maka dapat disimpulkan bahwa usaha thrift shop dapat dilaksanakan dan feasible atau layak untuk dijalankan
Keywords : Business plan, business eligibility, thrift shop, Business plan, kelayakan bisnis, thrift shop.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Rifkie Fachriza
Date Deposited: 29 Mar 2023 04:30
Last Modified: 29 Mar 2023 04:30
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12393

Actions (login required)

View Item
View Item