PERAN MANAJEMEN IMPRESI DALAM MEMEDIASI HUBUNGAN ANTARA KINERJA KEUANGAN DAN UNDERPRICING (Bukti Empiris dari Penawaran Umum Perdana di Indonesia)

HARYANTO, Maria Yosaphat Dedi and CHARIRI, Anis and YUYETTA, Etna Nur Afri,(10 January 2023), PERAN MANAJEMEN IMPRESI DALAM MEMEDIASI HUBUNGAN ANTARA KINERJA KEUANGAN DAN UNDERPRICING (Bukti Empiris dari Penawaran Umum Perdana di Indonesia). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (153kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (84kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (86kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (96kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (242kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh manajemen impresi dalam memediasi hubungan antara kinerja keuangan dan underpricing. Studi ini merupakan upaya untuk menjawab ketidakkonsistenan hasil penelitian mengenai kinerja keuangan dan underpricing. Manajemen impresi dipandang sebagai upaya manajemen untuk menutupi kinerja perusahaan sesungguhnya yang mengakibatkan return awal sahamnya menjadi meningkat. Penelitian ini menggunakan pendekatan komunikasi untuk mengembangkan model underpricing berbasis manajemen impresi. Populasi penelitian adalah perusahaan yang melakukan penawaran umum perdana di Indonesia dari tahun 2011 sampai 2019. Penyeleksian sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh sampel akhir berjumlah 176. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan prospektus dan basis data harga saham pada Bursa Efek Indonesia. Analisis konten manual dipakai dalam proses pengkodean untuk indikator readability dan tone. Pengujian hipotesis menggunakan analisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan metode Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian membuktikan bahwa manajemen impresi memediasi hubungan antara kinerja keuangan dan underpricing. Bahkan, keberadaan manajemen impresi membuat kinerja keuangan tidak berpengaruh terhadap underpricing. Dapat dikatakan bahwa disclosure naratif dapat berperan sebagai topeng yang menyembunyikan kinerja buruk perusahaan sehingga ketika saham masuk ke pasar sekunder harganya langsung melonjak naik. Jadi dengan kata lain strategi manajemen impresi dapat digunakan untuk meningkatkan return awal perusahaan perdana.
Keywords : Financial performance, Impression management, Readability, Tone, Underpricing., UNSPECIFIED
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Dedi Haryanto MARIA YOSAPHAT
Date Deposited: 05 Apr 2023 07:16
Last Modified: 05 Apr 2023 07:40
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12466

Actions (login required)

View Item
View Item