HARYANTO, Maria Yosaphat Dedi and CHARIRI, Anis and YUYETTA, Etna Nur Afri,(10 January 2023), PERAN MANAJEMEN IMPRESI DALAM MEMEDIASI HUBUNGAN ANTARA KINERJA KEUANGAN DAN UNDERPRICING (Bukti Empiris dari Penawaran Umum Perdana di Indonesia). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (153kB)
Download (153kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (84kB)
Download (84kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (86kB)
Download (86kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (96kB)
Download (96kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (242kB)
Download (242kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh
manajemen impresi dalam memediasi hubungan antara kinerja keuangan dan
underpricing. Studi ini merupakan upaya untuk menjawab ketidakkonsistenan
hasil penelitian mengenai kinerja keuangan dan underpricing. Manajemen impresi
dipandang sebagai upaya manajemen untuk menutupi kinerja perusahaan
sesungguhnya yang mengakibatkan return awal sahamnya menjadi meningkat.
Penelitian ini menggunakan pendekatan komunikasi untuk mengembangkan
model underpricing berbasis manajemen impresi.
Populasi penelitian adalah perusahaan yang melakukan penawaran umum
perdana di Indonesia dari tahun 2011 sampai 2019. Penyeleksian sampel
menggunakan purposive sampling dan diperoleh sampel akhir berjumlah 176.
Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan prospektus
dan basis data harga saham pada Bursa Efek Indonesia. Analisis konten manual
dipakai dalam proses pengkodean untuk indikator readability dan tone. Pengujian
hipotesis menggunakan analisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan
metode Partial Least Square (PLS).
Hasil penelitian membuktikan bahwa manajemen impresi memediasi
hubungan antara kinerja keuangan dan underpricing. Bahkan, keberadaan
manajemen impresi membuat kinerja keuangan tidak berpengaruh terhadap
underpricing. Dapat dikatakan bahwa disclosure naratif dapat berperan sebagai
topeng yang menyembunyikan kinerja buruk perusahaan sehingga ketika saham
masuk ke pasar sekunder harganya langsung melonjak naik. Jadi dengan kata lain
strategi manajemen impresi dapat digunakan untuk meningkatkan return awal
perusahaan perdana.
Keywords : | Financial performance, Impression management, Readability, Tone, Underpricing., UNSPECIFIED |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (PhD) |
Subjects: | Akuntansi |
Depositing User: | Dedi Haryanto MARIA YOSAPHAT |
Date Deposited: | 05 Apr 2023 07:16 |
Last Modified: | 05 Apr 2023 07:40 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12466 |