PERTIWI, Wicu Ruci Bunga and MAHFUDZ, Mahfudz,(30 March 2023), PENGARUH PERSEPSI VARIABELVARIABEL ORGANISASIONAL TERHADAP CITRA ORGANISASI (Studi pada Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (10kB)
Download (10kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (6kB)
Download (6kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (8kB)
Download (8kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (200kB)
Download (200kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (134kB)
Download (134kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Citra suatu organisasi merupakan penilaian masyarakat terhadap organisasi.
Sebuah citra menggambarkan kesan public dari sebuah organisasi. Kemajuan
media sosial seperti sekarang ini, menempatkan media sosial merupakan salah satu
wadah yang berperan sebagai sarana promosi yang sangat penting. Media sosial
yang banyak dimanfaatkan menjadi media promosi saat ini salah satunya yakni
Instagram. Tujuan penelitian ini adalan menganalisis dan menguji pengaruh
kepercayaan terhadap citra organisasi, pengaruh kepuasan terhadap citra
organisasi, pengaruh keterlibatan masyarakat terhadap citra organisasi, pengaruh
transparansi terhadap kepercayaan, dan pengaruh responsivitas terhadap kepuasan
dalam media sosial Instagram pada organisasi.
Model penelitian akan diuji pada Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman
Kota Semarang. Adapun alasan pemilihan Instansi Disperkim Kota Semarang
karena Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman sering menduduki rangking
tiga besar sebagai salah satu Instansi Pemerintahan di lingkup Kota Semarang
yang tanggap melayani masyarakat melalui media sosial. Metode penelitian yang
dipakai pada riset ini ialah kuesioner yang dibagikan ke followers Instagram Dinas
Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Semarang yang merupakan
responden. Teknik sampling yang digunakan adalah memilih sampel acak
sederhana. Untuk mengolah data memakai Pemodelan Persamaan Struktural
(SEM).
Hasil riset menunjukkan bahwasannya media sosial memegang peran utama untuk
menciptakan opini publik, citra organisasi bisa dengan mudah dibangun secara
sistematis. Keberadaan media sosial dimanfaatkan sebagai wadah untuk
mengunggah konten profil, kegiatan, dan penyampaian gagasan pengguna serta
menjadi media yang membuka ruang untuk berinteraksi dan berkomunikasi dalam
media sosial di ruang cyber. Saat ini, instragram merupakan jenis media sosial
untuk berkomunikasi dua arah antara pemerintah dan warga, perkembangan
globalisasi sekarang ini mengharuskan pemerintah agar bisa secara aktif
menyampaikan informasi serta responsif terhadap kebutuhan publik.
Keywords : | public assessment; organizational image; Structural Equation Modeling; social media., Penilaian Masyarakat; Citra Organisasi; Structural Equation Modeling; Media Sosial. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Wicu Ruci Bunga Pertiwi |
Date Deposited: | 06 Apr 2023 08:13 |
Last Modified: | 10 Apr 2023 01:36 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12482 |