FARHANA, Dian and ARFIANTO, Erman Denny,(17 May 2023), PENGARUH FAKTOR RISIKO PASAR, KARAKTERISTIK PERUSAHAAN, DAN SENTIMEN MEDIA SOSIAL TERHADAP COST OF EQUITY CAPITAL (Studi Kasus pada Perusahaan dalam Indeks LQ45 tahun 2017-2021). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (216kB)
Download (216kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (178kB)
Download (178kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (180kB)
Download (180kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (242kB)
Download (242kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (426kB)
Download (426kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Cost of Equity Capital merupakan konsep penting bagi perusahaan karena
bagian dari total biaya modal dan sering dipertimbangkan dalam proses
pengambilan keputusan investasi. Oleh karena itu, penelitian mengenai faktorfaktor yang mempengaruhi besaran Cost of Equity Capital menarik untuk diteliti,
seperti faktor risiko pasar dan karakteristik perusahaan, yaitu firm size, book to
market ratio, dan leverage. Penelitian dilakukan untuk mengetahui seberapa besar
pengaruh dari faktor-faktor tersebut terhadap nilai Cost of Equity Capital. Selain
itu, saat ini dengan adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi
berupa adaptasi media sosial yang pesat, membuat faktor sentimen media sosial
dapat dipertimbangkan sebagai faktor yang dapat mempengaruhi nilai Cost of
Equity Capital, yaitu terkait sentimen investor.
Perusahaan dalam indeks LQ45 dalam kurun waktu 2017-2021 digunakan
sebagai sampel penelitian karena perusahaan-perusahaan yang masuk dalam
indeks tersebut adalah perusahaan dengan kinerja yang baik serta menarik banyak
perhatian masyarakat. Metodologi yang digunakan dalam penelitian adalah regresi
linear berganda karena ingin meneliti terkait faktor-faktor yang berpengaruh
terhadap Cost of Equity Capital. Data yang digunakan dalam penelitian ini
diambil dari Bloomberg database.
Temuan dari penelitian ini memberikan gambaran bahwa, faktor variabel
risiko pasar (beta), book to market, dan leverage masing-masing berpengaruh
positif dan signifikan terhadap Cost of Equity Capital, begitu juga dengan
sentimen media sosial yang memiliki pengaruh positif dan signifikan, hasil ini
menjelaskan bahwa sampel penelitian yaitu perusahaan besar dalam indeks LQ45
tidak begitu sensitif terhadap perubahan sentimen. Sedangkan variabel ukuran
perusahaan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Cost of Equity Capital.
Faktor risiko pasar merupakan variabel yang memiliki kontribusi terbesar dalam
mempengaruhi nilai Cost of Equity Capital, kemudian diikuti variabel ukuran
perusahaan, sentimen media sosial, dan book to market ratio. Sedangkan, leverage
sebagai faktor yang memiliki pengaruh terkecil terhadap nilai Cost of Equity
Capital. Temuan ini dapat membantu perusahaan dalam strategi menjaga besaran
Cost of Equity Capital yang dikeluarkan perusahaan agar tidak terlampau tinggi,
karena yang terpenting bagi perusahaan adalah bagaimana memperoleh
pendanaan sebanyak mungkin dengan biaya yang rendah.
Keywords : | Cost of Equity Capital, Beta, Firm Size, Book to Market Ratio, Leverage, Social Media Sentiment, Cost of Equity Capital, Beta, Firm Size, Book to Market Ratio, Leverage, Sentimen Media Sosial. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Dian Farhana |
Date Deposited: | 31 May 2023 08:49 |
Last Modified: | 31 May 2023 08:49 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12573 |