PENGARUH FAKTOR RISIKO PASAR, KARAKTERISTIK PERUSAHAAN, DAN SENTIMEN MEDIA SOSIAL TERHADAP COST OF EQUITY CAPITAL (Studi Kasus pada Perusahaan dalam Indeks LQ45 tahun 2017-2021)

FARHANA, Dian and ARFIANTO, Erman Denny,(17 May 2023), PENGARUH FAKTOR RISIKO PASAR, KARAKTERISTIK PERUSAHAAN, DAN SENTIMEN MEDIA SOSIAL TERHADAP COST OF EQUITY CAPITAL (Studi Kasus pada Perusahaan dalam Indeks LQ45 tahun 2017-2021). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (216kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (178kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (180kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (242kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (426kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Cost of Equity Capital merupakan konsep penting bagi perusahaan karena bagian dari total biaya modal dan sering dipertimbangkan dalam proses pengambilan keputusan investasi. Oleh karena itu, penelitian mengenai faktorfaktor yang mempengaruhi besaran Cost of Equity Capital menarik untuk diteliti, seperti faktor risiko pasar dan karakteristik perusahaan, yaitu firm size, book to market ratio, dan leverage. Penelitian dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari faktor-faktor tersebut terhadap nilai Cost of Equity Capital. Selain itu, saat ini dengan adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berupa adaptasi media sosial yang pesat, membuat faktor sentimen media sosial dapat dipertimbangkan sebagai faktor yang dapat mempengaruhi nilai Cost of Equity Capital, yaitu terkait sentimen investor. Perusahaan dalam indeks LQ45 dalam kurun waktu 2017-2021 digunakan sebagai sampel penelitian karena perusahaan-perusahaan yang masuk dalam indeks tersebut adalah perusahaan dengan kinerja yang baik serta menarik banyak perhatian masyarakat. Metodologi yang digunakan dalam penelitian adalah regresi linear berganda karena ingin meneliti terkait faktor-faktor yang berpengaruh terhadap Cost of Equity Capital. Data yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari Bloomberg database. Temuan dari penelitian ini memberikan gambaran bahwa, faktor variabel risiko pasar (beta), book to market, dan leverage masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Cost of Equity Capital, begitu juga dengan sentimen media sosial yang memiliki pengaruh positif dan signifikan, hasil ini menjelaskan bahwa sampel penelitian yaitu perusahaan besar dalam indeks LQ45 tidak begitu sensitif terhadap perubahan sentimen. Sedangkan variabel ukuran perusahaan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Cost of Equity Capital. Faktor risiko pasar merupakan variabel yang memiliki kontribusi terbesar dalam mempengaruhi nilai Cost of Equity Capital, kemudian diikuti variabel ukuran perusahaan, sentimen media sosial, dan book to market ratio. Sedangkan, leverage sebagai faktor yang memiliki pengaruh terkecil terhadap nilai Cost of Equity Capital. Temuan ini dapat membantu perusahaan dalam strategi menjaga besaran Cost of Equity Capital yang dikeluarkan perusahaan agar tidak terlampau tinggi, karena yang terpenting bagi perusahaan adalah bagaimana memperoleh pendanaan sebanyak mungkin dengan biaya yang rendah.
Keywords : Cost of Equity Capital, Beta, Firm Size, Book to Market Ratio, Leverage, Social Media Sentiment, Cost of Equity Capital, Beta, Firm Size, Book to Market Ratio, Leverage, Sentimen Media Sosial.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Dian Farhana
Date Deposited: 31 May 2023 08:49
Last Modified: 31 May 2023 08:49
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12573

Actions (login required)

View Item
View Item