PENGARUH BERBAGI PENGETAHUAN DAN KESEIMBANGAN KEHIDUPAN-KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Karyawan PT. PLN (Persero) UID Jawa Tengah dan D.I.Yogyakarta)

SAFIRA, Nindhita Mega and DARMASTUTI, Ismi,(23 May 2023), PENGARUH BERBAGI PENGETAHUAN DAN KESEIMBANGAN KEHIDUPAN-KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Karyawan PT. PLN (Persero) UID Jawa Tengah dan D.I.Yogyakarta). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (83kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (66kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (65kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (84kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (214kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Sumber daya manusia merupakan unsur penting dalam suatu organisasi, kualitas organisasi sendiri dapat digambarkan tergantung dengan kualitas sumber daya manusia sebagai karyawan. Salah satu metode untuk meningkatkan kinerja karyawan adalah dengan menerapkan berbagi pengetahuan dan keseimbangan kehidupan-kerja. Keseimbangan kehidupan-kerja menjadi isu krusial bagi setiap karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh berbagi pengetahuan dan keseimbangan kehidupan-kerja terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja sebagai variabel intervening di salah satu badan usaha milik negara di Semarang, yaitu PT. PLN (Persero) UID Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta. Studi ini menggunakan data primer yang disebarkan melalui kuesioner terhadap seluruh karyawan tetap di PT. PLN (Persero) UID Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta yang menjadi sampel penelitian, dan data sekunder dari jurnal, buku, dan data yang relevan dari perusahaan. Kuesioner ini dikembangkan oleh peneliti menggunakan 5 skala likert. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 105 responden dengan teknik quasi snowball. Teknik analisis data menggunakan aplikasi SmartPLS 3.0 untuk menguji hipotesis dan pengaruh antara variabel tersebut. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa berbagi pengetahuan dan keseimbangan kehidupan-kerja memiliki pengaruh positif terhadap kinerja karyawan, berbagi pengetahuan dan keseimbangan kehidupan-kerja memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan kerja, dan kepuasan kerja memiliki pengaruh positif terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kepuasan kerja sebagai variabel mediasi antara berbagi pengetahuan terhadap kinerja karyawan serta keseimbangan kehidupan-kerja terhadap kinerja karyawan.
Keywords : Knowledge sharing, Work-life balance, Employee perfomance, Job satisfaction, Berbagi pengetahuan, Keseimbangan kehidupan-kerja, Kinerja karyawan, Kepuasan kerja.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Nindhita Mega Safira
Date Deposited: 07 Jun 2023 08:01
Last Modified: 07 Jun 2023 08:01
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12579

Actions (login required)

View Item
View Item