PENERAPAN MODEL UTAUT 2 TERHADAP NIAT PENGGUNAAN ELECTRONIC PAYMENT SHOPEEPAY DI KOTA SEMARANG

AUDRIYANI, Fani and MEIRANTO, Wahyu,(30 May 2023), PENERAPAN MODEL UTAUT 2 TERHADAP NIAT PENGGUNAAN ELECTRONIC PAYMENT SHOPEEPAY DI KOTA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (43kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (29kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (30kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (43kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (178kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis beberapa faktor yang mempengaruhi niat penggunaan ShopeePay di Semarang. Penelitian dilakukan dengan acuan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) 2 yang diusulkan oleh Venkatesh et al. (2012). Terdapat tujuh faktor yang membentuk model UTAUT 2, antara lain ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial, kondisi yang memfasilitasi, kebiasaan, motivasi hedonis, dan niat penggunaan ShopeePay. Populasi penelitian terdiri dari pengguna aktif ShopeePay di Semarang dengan 100 responden sebagai sampel untuk pengujian model penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan survei berbantuan kuesioner online sebanyak 25 pertanyaan dan dianalisis menggunakan metode PLS-SEM pada software SmartPLS 3. Hasil penelitian mengkonfirmasi bahwa empat hipotesis diterima. Ekspektasi kinerja, pengaruh sosial, kebiasaan, dan motivasi hedonis berpengaruh positif signifikan terhadap niat penggunaan ShopeePay. Sementara itu, ekspektasi usaha dan kondisi yang memfasilitasi tidak berpengaruh pada niat penggunaan. Selain itu, diketahui bahwa kebiasaan merupakan prediktor terkuat dari niat perilaku untuk menggunakan ShopeePay.
Keywords : UTAUT 2, behavioral intention, performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating conditions, habit, hedonic motivation, ShopeePay, UTAUT 2, niat penggunaan, ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial, kondisi yang memfasilitasi, kebiasaan, motivasi hedonis, ShopeePay
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Fani Audriyani
Date Deposited: 12 Jun 2023 08:18
Last Modified: 12 Jun 2023 08:18
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12610

Actions (login required)

View Item
View Item