AUDRIYANI, Fani and MEIRANTO, Wahyu,(30 May 2023), PENERAPAN MODEL UTAUT 2 TERHADAP NIAT PENGGUNAAN ELECTRONIC PAYMENT SHOPEEPAY DI KOTA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (43kB)
Download (43kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (29kB)
Download (29kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (30kB)
Download (30kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (43kB)
Download (43kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (178kB)
Download (178kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis beberapa faktor yang
mempengaruhi niat penggunaan ShopeePay di Semarang. Penelitian dilakukan
dengan acuan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology
(UTAUT) 2 yang diusulkan oleh Venkatesh et al. (2012). Terdapat tujuh faktor yang
membentuk model UTAUT 2, antara lain ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha,
pengaruh sosial, kondisi yang memfasilitasi, kebiasaan, motivasi hedonis, dan niat
penggunaan ShopeePay.
Populasi penelitian terdiri dari pengguna aktif ShopeePay di Semarang
dengan 100 responden sebagai sampel untuk pengujian model penelitian.
Pengumpulan data dilakukan dengan survei berbantuan kuesioner online sebanyak
25 pertanyaan dan dianalisis menggunakan metode PLS-SEM pada software
SmartPLS 3.
Hasil penelitian mengkonfirmasi bahwa empat hipotesis diterima.
Ekspektasi kinerja, pengaruh sosial, kebiasaan, dan motivasi hedonis berpengaruh
positif signifikan terhadap niat penggunaan ShopeePay. Sementara itu, ekspektasi
usaha dan kondisi yang memfasilitasi tidak berpengaruh pada niat penggunaan.
Selain itu, diketahui bahwa kebiasaan merupakan prediktor terkuat dari niat
perilaku untuk menggunakan ShopeePay.
Keywords : | UTAUT 2, behavioral intention, performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating conditions, habit, hedonic motivation, ShopeePay, UTAUT 2, niat penggunaan, ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial, kondisi yang memfasilitasi, kebiasaan, motivasi hedonis, ShopeePay |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Akuntansi |
Depositing User: | Fani Audriyani |
Date Deposited: | 12 Jun 2023 08:18 |
Last Modified: | 12 Jun 2023 08:18 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12610 |