PENGARUH KELEMAHAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP NILAI PASAR PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Aneka Industri yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2021)

ROMDANI, Mita Rizki Nur and HANDAYANI, Sri,(29 May 2023), PENGARUH KELEMAHAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP NILAI PASAR PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Aneka Industri yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2021). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menggunakan variabel independen berupa kelemahan sistem pengendalian internal teknologi informasi (TI) dan non teknologi informasi (TI), kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional, sedangkan variabel dependennya berupa nilai perusahaan yang diproksikan oleh pertumbuhan penjualan, profitabilitas dan productifity. Memilih topik ini dikarenakan teknologi informasi sendiri berkembang pesat dan selalu berkaitan dengan pengendalian internal sehingga dapat mempengaruhi nilai dalam suatu perusahaan. Berbagai perusahaan sangat ingin memanfaatkan perkembangan teknologi informasi ini dengan sebaik-baiknya. Tidak sedikit dari perusahaan yang ingin berinvestasi di bidang teknologi informasi yang diharapkan dapat menjadi keunggulan di dunia yang kompetitif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan Analisis Statistik Deskriptif, Uji Asumsi Klasik, dan Uji Hipotesis. Hasil analisis menjelaskan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara variabel sistem pengendalian internal TI, kepemilikan manajerial, dan kepemilikan institusional atas nilai perusahaan (PBV), terdapat hubungan negatif dan signifikan antara variabel sistem pengendalian internal non TI dengan nilai perusahaan (PBV), dan variabel pertumbuhan penjualan berpengaruh positif dan signifikan antara sistem pengendalian internal TI, pengendalian internal non-TI, kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional atas nilai perusahaan (PBV). Sedangkan variabel pengendalian suku bunga BI berpengaruh negatif antara sistem pengendalian internal TI, pengendalian internal non-TI, kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional terhadap nilai perusahaan (PBV).
Keywords : Internal Control, IT and non-IT, Managerial Ownership, Institutional Ownership, Corporate Value., Pengendalian Internal, TI dan non-TI, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Nilai Perusahaan.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Mita Rizki Nur Romdani
Date Deposited: 15 Jun 2023 03:04
Last Modified: 15 Jun 2023 03:04
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12631

Actions (login required)

View Item
View Item