PENGARUH DUKUNGAN ORGANISASIONAL TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) DENGAN KOMITMEN ORGANISASIONAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Koperasi Mitra Dhuafa Regional K Jawa Timur)

APRILIANI, Shita Devi and RATNAWATI, Intan,(14 June 2023), PENGARUH DUKUNGAN ORGANISASIONAL TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) DENGAN KOMITMEN ORGANISASIONAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Koperasi Mitra Dhuafa Regional K Jawa Timur). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh dukungan organisasional terhadap organizational citizenship behavior (OCB) dengan komitmen organisasional sebagai variabel intervening pada karyawan Koperasi Mitra Dhuafa Regional K Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan data primer melalui pengiriman link kuesioner penelitian kepada karyawan tetap Koperasi Mitra Dhuafa Regional K Jawa Timur sebagai sampel penelitian, dan data sekunder melalui jurnal, buku, dan data-data relevan yang diperoleh dari perusahaan yang bersangkutan. Teknik analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan bantuan aplikasi SmartPLS 3.0 untuk menguji hipotesis dan pengaruh hubungan antar variabel. Penelitian ini melibatkan 100 responden yang diambil dengan teknik accidental sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dukungan organisasional berpengaruh positif signifikan terhadap organizational citizenship behavior (ocb), dukungan organisasional berpengaruh positif signifikan terhadap komitmen organisasional, dan komitmen organisasional juga memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap organizational citizenship behavior (ocb). Penelitian ini juga menunjukkan adanya pengaruh komitmen organisasional sebagai variabel intervening antara dukungan organisasional dan organizational citizenship behavior (ocb).
Keywords : Organizational support, organizational commitment, organizational citizenship behavior (OCB), Dukungan organisasional, komitmen organisasional, organizational citizenship behavior (ocb)
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Shita Devi Apriliani
Date Deposited: 26 Jun 2023 03:04
Last Modified: 26 Jun 2023 03:04
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12690

Actions (login required)

View Item
View Item