PENGARUH ELEKTRONIK MULUT KE MULUT, EKUITAS MEREK BERBASIS PELANGGAN DAN CITRA MEREK TERHADAP NIAT PEMBELIAN DENGAN PRODUK KOLABORASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Produk Kolaborasi Dear Me Beauty dan KFC)

ISKANDAR, Nurlita Rahma and RAHARDJO, Susilo Toto,(19 June 2023), PENGARUH ELEKTRONIK MULUT KE MULUT, EKUITAS MEREK BERBASIS PELANGGAN DAN CITRA MEREK TERHADAP NIAT PEMBELIAN DENGAN PRODUK KOLABORASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Produk Kolaborasi Dear Me Beauty dan KFC). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (347kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (9kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (8kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (42kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (103kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Saat ini persaingan pada industri kosmetik semakin ketat, sehingga menjadi sebuah tantangan bagi para pemilik industri di bidang tersebut. Kosmetik telah menjadi salah satu bagian dari kebutuhan manusia, karena digunakan untuk menunjang penampilan hingga perawatan kulit. Dengan meningkatnya permintaan pasar akan produk kosmetik, pemilik bisnis kosmetik dituntut untuk dapat mengembangkan strategi dan teknologi yang sangat berguna dalam memproduksi kosmetik yang lebih praktis dan inovatif. Dear Me Beauty merupakan brand kosmetik asal Indonesia yang melakukan kolaborasi dengan beberapa brand lain sebagai strategi untuk produknya. Kolaborasi yang pernah dilakukan antara lain dengan brand Yupi, Sasa, Nissin, Snoopy, Sociolla hingga KFC. Kolaborasi bersama KFC (Kentucky Fried Chicken) merupakan kolaborasi terakhir dari Dear Me Beauty. Berdasarkan data ditemukan bahwa produk yang melakukan kolaborasi paling menarik adalah kolaborasi dengan selebriti. Selain itu, keinginan konsumen untuk membeli produk kecantikan pada produk kolaborasi masih terbilang rendah. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis Co-Branded Products melalui Elektonik Mulut Ke Mulut (eWOM), Ekuitas Merek Berbasis Pelanggan (CBBE) dan Citra Merek serta pengaruhnya terhadap Purchase Intention konsumen. Pada penelitian ini terdapat sampel sejumlah 153 responden dengan menggunakan metode Non probability sampling sebagai acuan penelitiannya dan kuesioner online sebagai metode pengumpulan data. Metode Non probability sampling digunakan pada penelitian ini agar responden yang berkontribusi pada penelitian memenuhi kriteria yang telah ditentukan sebelumnya. Kemudian, data yang diperoleh dari kuesioner online diolah menggunakan software SPSS dan AMOS 24 dan terdapat 7 hipotesis yang diuji menggunakan metode structural equation model (SEM). Penelitian ini menunjukkan bahwa Elektonik Mulut Ke Mulut (eWOM) dari konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap Co-Branding. Kemudian, Ekuitas Merek Berbasis Pelanggan (CBBE), Citra Merek dan Co-Branding (Dear Me Beauty dan KFC) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Intention.
Keywords : Electronic Word of Mouth (eWOM), Customer-Based Brand Equity (CBBE), Brand Image, Co-Branding dan Purchase Intention, Pengaruh Elektronik Mulut ke Mulut (eWOM), Ekuitas Merek Berbasis Pelanggan (CBBE), Citra Merek, Niat Pembelian dan Produk Kolaborasi
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Nurlita Rahma Iskandar
Date Deposited: 03 Jul 2023 03:39
Last Modified: 03 Jul 2023 03:39
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12758

Actions (login required)

View Item
View Item