INDIKASI KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN PERBANKAN SEBELUM DAN SEMASA PANDEMI COVID-19 (Studi Empiris Perusahaan Perbankan di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2021)

ARIFIAN, Falsa Dzaky and JANUARTI, Indira,(22 June 2023), INDIKASI KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN PERBANKAN SEBELUM DAN SEMASA PANDEMI COVID-19 (Studi Empiris Perusahaan Perbankan di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2021). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (101kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (43kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (44kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (68kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (193kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis indikasi kecurangan laporan keuangan perbankan pada masa sebelum dan semasa pandemi Covid-19. Indikasi kecurangan laporan keuangan dilihat melalui liquidity, effective monitoring, external auditor quality, managerial ability, dan prominence of the CEO's photograph. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan tahunan serta data dari laboratorium Bloomberg FEB Universitas Diponegoro. Penelitian ini dilakukan terhadap perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa efek Indonesia pada tahun 2017-2021. Jumlah amatan yang digunakan sebanyak 114 observasi untuk sampel penelitian sebelum pandemi Covid-19 (2017-2019) dan 81 observasi untuk sampel penelitian semasa pandemi Covid-19 (2020-2021). Analisis regresi linier berganda digunakan untuk pengujian pengaruh masing-masing variabel. Hasil penelitian menunjukkan external auditor quality berpengaruh negatif terhadap kecurangan laporan keuangan baik sebelum maupun semasa pandemi Covid-19 sedangkan managerial ability berpengaruh positif terhadap kecurangan laporan keuangan hanya pada masa sebelum pandemi Covid-19. Adapun variabel liquidity, effective monitoring, dan prominence of the CEO's photograph tidak mampu mengidentifikasi kecurangan laporan keuangan baik sebelum maupun semasa pandemi Covid-19. Penelitian ini berimplikasi pada kuatnya independensi auditor eksternal akan membantu perbankan dalam menemukan kecurangan laporan keuangan sedangkan keahlian manajer dalam menjaga efisiensi perusahaan menjadi indikator meningkatkan kecurangan laporan keuangan perbankan di masa sebelum pandemi Covid-19.
Keywords : Banking, Covid-19, financial statement fraud, Covid-19, Kecurangan Laporan Keuangan, Perbankan
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Falsa Dzaky Arifian
Date Deposited: 03 Jul 2023 06:38
Last Modified: 03 Jul 2023 06:38
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12767

Actions (login required)

View Item
View Item