PENGARUH SOCIAL PRESENCE TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF PADA SIARAN LANGSUNG TIKTOK DENGAN KEPERCAYAAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Merek Somethinc)

RANAA, Nadia Aqilah and DIRGANTARA, I Made Bayu,(19 June 2023), PENGARUH SOCIAL PRESENCE TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF PADA SIARAN LANGSUNG TIKTOK DENGAN KEPERCAYAAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Merek Somethinc). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (154kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (290kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (365kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (553kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Peningkatan popularitas siaran langsung yang cepat mendorong pengembangan strategi bisnis baru yang disebut siaran langsung commerce. Adanya interaktivitas yang tinggi dan rangsangan sensorik yang kaya pada siaran langsung, mempengaruhi kepercayaan konsumen sehingga dengan mudah mendorong perilaku pembelian impulsif. Namun, pengetahuan tentang pembelian impulsif dalam siaran langsung commerce sangat terbatas. Penelitian ini mengusulkan kerangka teoritis yang dapat digunakan untuk memeriksa bagaimana siaran langsung memengaruhi keinginan konsumen untuk membeli secara impulsif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna TikTok yang mengetahui dan pernah membeli produk Somethinc dalam siaran langsung commerce. Dalam survei online dengan menyebarkan kuesioner, diperoleh 153 jawaban valid yang dipilih dengan purposive sampling. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan structural equation modelling (SEM). Hasil menunjukkan bahwa 3 dimensi social presence (social presence of platform, viewers, dan live streamer) berpengaruh positif terhadap kepercayaan konsumen. Hasil juga menunjukkan bahwa 3 dimensi social presence (social presence of platform, viewers, dan live streamer) berpengaruh positif terhadap perilaku pembelian impulsif melalui kepercayaan konsumen. Selanjutnya, penelitian ini membuktikan bahwa dorongan untuk membeli secara impulsif didorong oleh social presence dan kepercayaan konsumen dalam konteks siaran langsung commerce. Penelitian ini akan membantu merek untuk lebih memahami cara merangsang perilaku pembelian konsumen. Penelitian juga memberikan referensi untuk mengembangkan siaran langsung commerce dalam bisnis online.
Keywords : Social Presence, Customer Trust, Impulsive Buying Behavior, Live Streaming Commerce, Social Presence, Kepercayaan Konsumen, Perilaku Pembelian Impulsif, Siaran langsung
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Nadia Aqilah Ranaa
Date Deposited: 04 Jul 2023 02:19
Last Modified: 04 Jul 2023 02:19
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12790

Actions (login required)

View Item
View Item