ANIS SATUL, Hidayah and FITRIE, Arianti,(21 June 2023), HUBUNGAN HARGA DAN PENDAPATAN DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MUSLIM DI OFI BATIK BANJARNEGARA. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (7kB)
Download (7kB)
Text (Abstract (Inggris))
- Published Version
Download (75kB)
Download (75kB)
Text (Abstrak (indonesia))
- Published Version
Download (57kB)
Download (57kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (913kB)
Download (913kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (192kB)
Download (192kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (903kB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (903kB) | Request a copy
Abstract
Peningkatan industri batik menjadi peluang sekaligus tantangan bagi pelaku
usaha industri batik. Sejak batik dietapkan sebagai warisan budaya peluang semakin
terbuka lebar. Tantangan yang dihadapi oleh pelaku usaha tidak hanya persaingan
dalam negeri saja tetapi juga dari negara lain. Dalam membentuk keputusan
pembelian batik, konsumen tidak terlepas dari perilakunya. Setiap konsumen
memiliki pengeluaran yang berbeda akan suatu barang/jasa. Penurunan pendapatan
masyarakat berdampak pada pengeluaran konsumsi, Terutama konsumen Muslim
pengeluaran konsumsi akan dipertanggungjawabkan di akhirat kelak. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui hubungan harga dan pendapatan terhadap keputusan
pembelian konsumen Muslim di Ofi batik Banjarnegara. Pada penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif deskriptif kuantitatif. Teknik analisis yang
digunakan adalah analisis korelasi product moment dan rank-spearman. Total sampel
yang diambil pada penelitian ini sebesar 100 responden konsumen Ofi Batik
Banjarnegara dengan teknik accidental sampling.
Hasil penelitian menunjukkan variabel harga mempunyai nilai koefisien
korelasi 0,745 dan sig. 0.000, artinya variabel harga berhubungan kuat dengan
keputusan pembelian. Variabel pendapatan menunjukkan nilai koefisien korelasi
0,331 dan thitung 3,4 artinya variabel pendapatan mempunyai hubungan namun lemah
dengan keputusan pembelian.
Keywords : | price, income, consumer behavior, purchasing decisions, Harga, Pendapatan, Perilaku Konsumen, Keputusan Pembelian |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Ekonomi Islam |
Depositing User: | Anissatul Hidayah |
Date Deposited: | 05 Jul 2023 02:18 |
Last Modified: | 05 Jul 2023 02:18 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12828 |