HUBUNGAN HARGA DAN PENDAPATAN DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MUSLIM DI OFI BATIK BANJARNEGARA

ANIS SATUL, Hidayah and FITRIE, Arianti,(21 June 2023), HUBUNGAN HARGA DAN PENDAPATAN DENGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MUSLIM DI OFI BATIK BANJARNEGARA. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (7kB)
[thumbnail of Abstract (Inggris)] Text (Abstract (Inggris)) - Published Version
Download (75kB)
[thumbnail of Abstrak (indonesia)] Text (Abstrak (indonesia)) - Published Version
Download (57kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (913kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (192kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (903kB) | Request a copy

Abstract

Peningkatan industri batik menjadi peluang sekaligus tantangan bagi pelaku usaha industri batik. Sejak batik dietapkan sebagai warisan budaya peluang semakin terbuka lebar. Tantangan yang dihadapi oleh pelaku usaha tidak hanya persaingan dalam negeri saja tetapi juga dari negara lain. Dalam membentuk keputusan pembelian batik, konsumen tidak terlepas dari perilakunya. Setiap konsumen memiliki pengeluaran yang berbeda akan suatu barang/jasa. Penurunan pendapatan masyarakat berdampak pada pengeluaran konsumsi, Terutama konsumen Muslim pengeluaran konsumsi akan dipertanggungjawabkan di akhirat kelak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan harga dan pendapatan terhadap keputusan pembelian konsumen Muslim di Ofi batik Banjarnegara. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis korelasi product moment dan rank-spearman. Total sampel yang diambil pada penelitian ini sebesar 100 responden konsumen Ofi Batik Banjarnegara dengan teknik accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan variabel harga mempunyai nilai koefisien korelasi 0,745 dan sig. 0.000, artinya variabel harga berhubungan kuat dengan keputusan pembelian. Variabel pendapatan menunjukkan nilai koefisien korelasi 0,331 dan thitung 3,4 artinya variabel pendapatan mempunyai hubungan namun lemah dengan keputusan pembelian.
Keywords : price, income, consumer behavior, purchasing decisions, Harga, Pendapatan, Perilaku Konsumen, Keputusan Pembelian
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Anissatul Hidayah
Date Deposited: 05 Jul 2023 02:18
Last Modified: 05 Jul 2023 02:18
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12828

Actions (login required)

View Item
View Item