ANALISIS PENGARUH INFRASTRUKTUR EKONOMI DAN INFRASTRUKTUR SOSIAL TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA

SAFITRIANI, Dewi Utari and FIRMANSYAH, Firmansyah,(27 June 2023), ANALISIS PENGARUH INFRASTRUKTUR EKONOMI DAN INFRASTRUKTUR SOSIAL TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (93kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (82kB)
[thumbnail of Abstraks (Indonesia)] Text (Abstraks (Indonesia)) - Published Version
Download (82kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (227kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pembangunan infrastruktur di Indonesia sudah berlangsung lama dan dengan biaya yang cukup besar. Kontribusi pembangunan infrastruktur cukup signifikan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, namun masih terdapat permasalahan yang dihadapi oleh negara Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan kontribusi infrastruktur ekonomi dan infrastruktur sosial terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang diwakili oleh Produk Domestik Regional Bruto per kapita. Analisis regresi data panel digunakan untuk melihat besarnya pengaruh infrastruktur terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Infrastruktur yang dikaji meliputi: Investasi, panjang jalan, listrik yang disalurkan, air bersih yang disalurkan, telekomunikasi, kesehatan yang digambarkan dengan Angka Harapan Hidup (AHH), dan pendidikan yang digambarkan dengan Rata-Rata Lama Sekolah (RLS). Analisis dilakukan dengan menggunakan data panel dengan model fixed effect di 34 provinsi di Indonesia dan dalam kurun waktu 8 tahun (2014-2021). Hasil yang diperoleh adalah investasi, jalan, listrik, angka harapan hidup dan rata-rata lama sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Sedangkan Air bersih dan Telekomunikasi berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia.
Keywords : Economic infrastructure, social infrastructure, economic growth., Infrastruktur ekonomi, Infrastruktur sosial, Pertumbuhan Ekonomi.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Dewi Utari Safitriani
Date Deposited: 05 Jul 2023 04:48
Last Modified: 05 Jul 2023 04:48
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12871

Actions (login required)

View Item
View Item