ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MUZAKKI DALAM MEMBAYAR ZAKAT SECARA ONLINE MELALUI PLATFORM FINTECH DI KOTA SEMARANG

SAPUTRI, Ragil Anggi and PUJIYONO, Arif,(26 June 2023), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MUZAKKI DALAM MEMBAYAR ZAKAT SECARA ONLINE MELALUI PLATFORM FINTECH DI KOTA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (70kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (30kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (37kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (92kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (99kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk muslim terbanyak. Setiap tahunnya Indoensia memiliki potensi zakat yang sangat besar, namun pada realisasinya penerimaan zakat masih jauh dari potensi yang ada. Adanya kemajuan teknologi dalam layanan keuangan atau disebut dengan fintech kini OPZ mulai menggunakan pemanfaatan teknologi yang ada dengan bekerja sama pengan perusahaan fintech guna pengumpulan zakat yang lebih optimal Dengan menggunakan model Technology Acceptance model penulis menganalisis dan memahami faktor-faktor dalam mempengaruhi penerimaan suatu penggunaan melalui teknologi. Penelitian ini menggunakan variabel independen persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, keamanan dan privasi, religiusitas, serta kepercayaan dengan variabel dependen keputusan keputusan muzakki membayar zakat secara online pada platform fintech. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa kemanan dan privasi memilki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan muzakki membayar zakat secara online pada platform fintech. Kemudian untuk variabel kegunaan, kemudahan, religiusitas dan kepercayaan memiliki pengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan muzakki dalam membayar zakat secara online melalui platform fintech.
Keywords : TAM, perceived usefulness, perceived ease to use, security and privacy, religiosity, trust, fintech platform., TAM, Persepsi kegunaan, kemudahan, keamanan dan privasi, religiusitas, kepercayaan, platform fintech.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Ragil Anggi Saputri
Date Deposited: 06 Jul 2023 03:16
Last Modified: 06 Jul 2023 03:55
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12896

Actions (login required)

View Item
View Item