NATHANIA, Eileen and PERDHANA, Mirwan Surya,(27 June 2023), STRATEGI PENINGKATAN KOMUNIKASI ANTARA PETERNAK DENGAN PERUSAHAAN DALAM SUPPLY CHAIN AYAM BOILER. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (32kB)
Download (32kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (258kB)
Download (258kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (113kB)
Download (113kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (518kB)
Download (518kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (239kB)
Download (239kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Permasalah komunikasi masih menjadi hal yang utama dalam menjalankan strategi perusahaan. Hal ini yang menjadi tantangan bagi pihak peternak untuk membangun hubungan dan relasi yang baik kepada mitra yang menjadi rekan kerjasama dalam bidang peternakan. Belum adanya penelitian terkait hubungan antara perusahaan dengan pihak perusahaan di Jawa Tengah dan penelitian kualitatif maka perlu dilakukannya penelitian ini. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode fenomenologi. Penelitian ini akan berfokus terhadap persepi narasumber yaitu pihak peternak yang menjalankan kemitraan dengan sistem closefarm di Jawa Tengah. Penelitian dilakukan di area close farm ayam broiler yang tersebar di Jawa Tengah dan sampel sebanyak 7 kandang ayam untuk mewakili area Jawa Tengah. Kuesioner berfungsi sebagai daftar pertanyaan yang diajukan kepada narasumber. Berdasarkan pengalaman dari 7 narasumber, mayoritas keputusan untuk melakukan kerjasama dengan perusahaan disebabkan karena komunikasi secara langsung interakti dari pihak perusahaan (Interactive Communication). Komunikasi dilakukan secara formal pada tahap perjanjian kerjasama di awal sebelum bergabung menjalankan kemitraan. Ketika ada suatu masalah selama masa kerjasama, mayoritas peternak memahami dan mencari pemecahan masalah bersama dengan pihak perusahaan. Kepercayaan setiap narasumber berbeda-beda berdasarkan pengalaman setiap individu. Ada narasumber percaya dengan perusahaan karena image perusahaan, percaya dengan perusahaan karena adanya kedekatan atau Personal Bound dengan manajer Area / Supervisor / Staff.
Keywords : | Communication Improvement Strategies; Supply Chain; Boiler Chicken Farmer, Strategi Peningkatan Komunikasi, Supply Chain, Peternak Ayam Boiler |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Eileen Nathania |
Date Deposited: | 07 Jul 2023 02:43 |
Last Modified: | 07 Jul 2023 02:52 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/12927 |