MEMBANGUN KINERJA PEMASARAN MELALUI KAPABILITAS JEJARING WIRAUSAHA BERDASAR KOHESI SOSIAL (STUDI PADA UMKM OVOP JAWA TENGAH)

SASONO, Eko and SOESANTO, Harry and FARIDA, Naili,(31 May 2023), MEMBANGUN KINERJA PEMASARAN MELALUI KAPABILITAS JEJARING WIRAUSAHA BERDASAR KOHESI SOSIAL (STUDI PADA UMKM OVOP JAWA TENGAH). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (165kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (161kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (85kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (100kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (269kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Upaya membangun kapabilitas jejaring merupakan isu sentral dalam pengelolaan bisnis saat ini. Oleh karena itu, membangun kerjasama yang berkelanjutan dalam suatu jejaring bisnis yang kuat, menjadi kebutuhan yang mendasar dalam mengoptimalkan kinerja suatu perusahaan. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kesenjangan penelitian (research gap) dan inkonsistensi pada hubungan antara entrepreneurial marketing dan kinerja pemasaran. Studi ini bertujuan untuk mengekplorasi sebuah model konseptual baru, yang menjelaskan bagaimana strategi meningkatkan kinerja pemasaran dengan menggunakan pendekatan teori yang relevan. Berdasarkan permasalahan yang telah diidentifikasi dan diuraikan, maka teori yang dipandang relevan dan tepat untuk digunakan sebagai dasar dalam menjelaskan dan menyelesaikan permasalahan dalam penelitian ini adalah teori Jejaring/Network Theory dan Social Capital Theory. Sintesa kedua teori tersebut sangat relevan dan mampu dijadikan sebagai dasar untuk menjelaskan alasan mengapa berbagai pihak bersedia untuk saling bekerjasama dan berkolaborasi secara efektif dan berkelanjutan, sehingga akan dapat menjelaskan kesenjangan penelitian dengan lebih baik. Kebaruan dari penelitian ini adalah sebuah konstruksi model konseptual, yang mengajukan kapabilitas jejaring wirausaha berdasar kohesi sosial sebagai variabel intervening untuk mengatasi research gap dalam menjelaskan pengaruh antara entrepreneurial marketing pada kinerja pemasaran. Riset ini melibatkan 169 pengusaha/pemilik UMKM OVOP di Jawa Tengah. Proses analisis data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan program SPSS dan model persamaan struktural (Structural Equation Model) SEM AMOS versi 22. Penerimaan hipotesis-hipotesis yang diajukan dalam studi ini menunjukkan betapa pentingnya variabel entrepreneurial marketing, kualitas modal relasional, kapabilitas jejaring wirausaha berdasar kohesi sosial, kemampuan penciptaan nilai bersama dalam bisnis didalam mendorong kinerja pemasaran secara efektif. Kapabilitas jejaring wirausaha berdasar kohesi sosial sebagai konstruk baru yang diajukan juga terbukti secara meyakinkan sebagai variabel pemediasi, yang berperan penting untuk mengisi riset gap, dengan memperjelas hubungan antara entrepreneurial marketing dan kinerja pemasaran. Rerangka kebaruan penelitian ini dikembangkan dan disintesakan dari konsep-konsep pemasaran yang relevan, sehingga studi ini memberikan kontribusi baik secara teoritis maupun manajerial.
Keywords : entrepreneurial marketing, quality of relational capital, entrepreneurial networking capabilities based on social cohesion, ability to create shared value in business, marketing performance, entrepreneurial marketing, kualitas modal relasional, kapabilitas jejaring wirausaha berdasar kohesi sosial, kemampuan penciptaan nilai bersama dalam bisnis kinerja pemasaran
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (PhD)
Subjects: Manajemen
Depositing User: EKO SASONO
Date Deposited: 28 Jul 2023 06:51
Last Modified: 28 Jul 2023 07:38
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13098

Actions (login required)

View Item
View Item