SASONO, Eko and SOESANTO, Harry and FARIDA, Naili,(31 May 2023), MEMBANGUN KINERJA PEMASARAN MELALUI KAPABILITAS JEJARING WIRAUSAHA BERDASAR KOHESI SOSIAL (STUDI PADA UMKM OVOP JAWA TENGAH). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (165kB)
Download (165kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (161kB)
Download (161kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (85kB)
Download (85kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (100kB)
Download (100kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (269kB)
Download (269kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Upaya membangun kapabilitas jejaring merupakan isu sentral dalam pengelolaan
bisnis saat ini. Oleh karena itu, membangun kerjasama yang berkelanjutan dalam
suatu jejaring bisnis yang kuat, menjadi kebutuhan yang mendasar dalam
mengoptimalkan kinerja suatu perusahaan. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya
kesenjangan penelitian (research gap) dan inkonsistensi pada hubungan antara
entrepreneurial marketing dan kinerja pemasaran. Studi ini bertujuan untuk
mengekplorasi sebuah model konseptual baru, yang menjelaskan bagaimana
strategi meningkatkan kinerja pemasaran dengan menggunakan pendekatan teori
yang relevan. Berdasarkan permasalahan yang telah diidentifikasi dan diuraikan,
maka teori yang dipandang relevan dan tepat untuk digunakan sebagai dasar
dalam menjelaskan dan menyelesaikan permasalahan dalam penelitian ini adalah
teori Jejaring/Network Theory dan Social Capital Theory. Sintesa kedua teori
tersebut sangat relevan dan mampu dijadikan sebagai dasar untuk menjelaskan
alasan mengapa berbagai pihak bersedia untuk saling bekerjasama dan
berkolaborasi secara efektif dan berkelanjutan, sehingga akan dapat menjelaskan
kesenjangan penelitian dengan lebih baik. Kebaruan dari penelitian ini adalah
sebuah konstruksi model konseptual, yang mengajukan kapabilitas jejaring
wirausaha berdasar kohesi sosial sebagai variabel intervening untuk mengatasi
research gap dalam menjelaskan pengaruh antara entrepreneurial marketing pada
kinerja pemasaran. Riset ini melibatkan 169 pengusaha/pemilik UMKM OVOP di
Jawa Tengah. Proses analisis data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini
menggunakan program SPSS dan model persamaan struktural (Structural
Equation Model) SEM AMOS versi 22. Penerimaan hipotesis-hipotesis yang
diajukan dalam studi ini menunjukkan betapa pentingnya variabel entrepreneurial
marketing, kualitas modal relasional, kapabilitas jejaring wirausaha berdasar
kohesi sosial, kemampuan penciptaan nilai bersama dalam bisnis didalam
mendorong kinerja pemasaran secara efektif. Kapabilitas jejaring wirausaha
berdasar kohesi sosial sebagai konstruk baru yang diajukan juga terbukti secara
meyakinkan sebagai variabel pemediasi, yang berperan penting untuk mengisi
riset gap, dengan memperjelas hubungan antara entrepreneurial marketing dan
kinerja pemasaran. Rerangka kebaruan penelitian ini dikembangkan dan
disintesakan dari konsep-konsep pemasaran yang relevan, sehingga studi ini
memberikan kontribusi baik secara teoritis maupun manajerial.
Keywords : | entrepreneurial marketing, quality of relational capital, entrepreneurial networking capabilities based on social cohesion, ability to create shared value in business, marketing performance, entrepreneurial marketing, kualitas modal relasional, kapabilitas jejaring wirausaha berdasar kohesi sosial, kemampuan penciptaan nilai bersama dalam bisnis kinerja pemasaran |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (PhD) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | EKO SASONO |
Date Deposited: | 28 Jul 2023 06:51 |
Last Modified: | 28 Jul 2023 07:38 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13098 |