TRANSMISI PERILAKU KORUPSI DALAM ANALOGI ILMU EPIDEMOLOGI

MAULIDA, Henry Yusron and PRABOWO, Tri Jatmiko Wahyu,(18 July 2023), TRANSMISI PERILAKU KORUPSI DALAM ANALOGI ILMU EPIDEMOLOGI. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (67kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (42kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (43kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (65kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (194kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Transparency International telah melaporkan tentang situasi mengkhawatirkan pertumbuhan korupsi di Indonesia, yang ditandai dengan penurunan indeks persepsi korupsi. Dalam mengatasi permasalahan ini, penelitian dilakukan dengan fokus pada pertumbuhan kasus korupsi di Indonesia. Namun, untuk menghindari kesimpulan yang cacat akibat generalisasi teori secara sembarang, peneliti menyadari bahwa mengandalkan teori fraud yang ada saja tidaklah cukup. Setiap teori tidak dapat diterapkan begitu saja pada berbagai kelompok masyarakat, sehingga metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi fenomenologi hermeneutika dipilih. Melalui pendekatan studi fenomenologi hermeneutika, peneliti berusaha untuk memberikan fokus pada interpretasi pengalaman dan memahami pembentukan makna melalui hubungan antara peristiwa dan orang. Dengan demikian, penelitian ini berupaya untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang masalah korupsi yang kompleks dan multifaset di Indonesia. Dalam penelitian ini, data diperoleh melalui wawancara dengan empat warga binaan Tipikor sebagai representasi dari pelaku korupsi. Hasil penelitian menghasilkan pemahaman tentang penyebab pertumbuhan kasus korupsi. Faktor-faktor kritis yang mendorong pertumbuhan kasus korupsi berhasil diidentifikasi sebagai patogen, reservoir, dan transmission. Ketiga faktor ini memiliki keterkaitan yang membentuk konstelasi alur penularan perilaku korupsi. Dengan demikian, temuan penelitian ini memberikan pemahaman mendalam untuk etiologi korupsi.
Keywords : Transmission of Corruption, Corruption Growth, Corruption Causes., Transmisi Korupsi, Pertumbuhan Korupsi, Penyebab Korupsi.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Akuntansi
Depositing User: Henry Yusron Maulida
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:02
Last Modified: 01 Aug 2023 04:19
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13112

Actions (login required)

View Item
View Item