PENGARUH TRANSFER FINANSIAL ANTARGENERASI TERHADAP PENAWARAN TENAGA KERJA LANSIA DI INDONESIA

ZAHIDUZZAKKA, Salma Vaza and KIRANA, Mayanggita,(7 July 2023), PENGARUH TRANSFER FINANSIAL ANTARGENERASI TERHADAP PENAWARAN TENAGA KERJA LANSIA DI INDONESIA. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (393kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (513kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (439kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (38kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (169kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menjelaskan mengenai pengaruh transfer finansial antargenerasi terhadap penawaran tenaga kerja lanjut usia di Indonesia. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari survei Indonesian Family Life Survey (IFLS) gelombang 5 tahun 2014 yang dikeluarkan oleh RAND. Penelitian ini menggunakan data cross section dan variabel instrumen dalam model Two-Stage Least Square (2SLS). Peneliti mengatasi permasalahan endogenitas pada variabel transfer finansial dengan Instrument Variable (IV) yaitu koresidensi atau tinggal bersama. Dalam penelitian ini penawaran tenaga kerja diproksikan dengan jumlah jam kerja selama seminggu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transfer finansial mempengaruhi jam kerja selama seminggu keseluruhan sampel secara negatif, tetapi tidak signifikan. Bagi lansia laki-laki, transfer finansial mempengaruhi jam kerja selama seminggu secara positif dan signifikan pada taraf 10%, tetapi pada lansia perempuan berpengaruh secara negatif, tetapi tidak signifikan. Secara keseluruhan, transfer finansial antargenerasi tidak berdampak terhadap penawaran tenaga kerja lansia. Transfer finansial antargenerasi yang diberikan oleh anak atau saudara tidak dapat menggantikan pendapatan lansia, sehingga mereka tetap bekerja meskipun telah berusia tua.
Keywords : elderly labor supply, intergenerational financial transfer, Two-Stage Least Square (2SLS), Instrument Variable (IV), penawaran tenaga kerja lansia, transfer finansial antargenerasi, Two-Stage Least Square (2SLS), Instrument Variable (IV)
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Salma Vaza Zahiduzzakka
Date Deposited: 01 Aug 2023 08:50
Last Modified: 01 Aug 2023 08:50
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13115

Actions (login required)

View Item
View Item