ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI EFEKTIVITAS WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN MASYARAKAT UNTUK MENJADI NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA

AMRULLAH, Muhamad Ridho Musfiq and MARWINI, Marwini,(26 July 2023), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI EFEKTIVITAS WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN MASYARAKAT UNTUK MENJADI NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (155kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (118kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (135kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (139kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (170kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Keharaman praktik ribawi yang ada dalam bank konvensional mendorong para ahli ekonomi Islam untuk mencari solusi dengan hadirnya bank syariah. Saat ini, Bank Syariah Indonesia telah berhasil menjadi bank syariah terkemuka di Indonesia. Meskipun demikian, dari segi kapitalisasi pasar, bank konvensional masih mendominasi. Oleh karena itu, menjadi tanggung jawab setiap muslim untuk mengajak orang lain beralih ke bank syariah, dan diperlukan pendekatan yang efektif untuk memengaruhi orang lain. Maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh service quality, religious motives, convenience, dan perceived value terhadap keefektifan word of mouth Bank Syariah Indonesia. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner online. Populasi penelitian ini merupakan nasabah Bank Syariah Indonesia. Teknik pengumpulan data menggunakan purposive sampling, sehingga responden yang terkumpul sebanyak 136 orang. Metode analisis data menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM) dengan menggunakan program software AMOS 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa service quality, religious motives, dan perceived value berpengaruh signifikan terhadap word of mouth dengan nilai Critical Ratio lebih dari 1,96 dan nilai Probability yang lebih kecil dari 0,05. Sementara itu, convenience tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap word of mouth.
Keywords : Service Quality, Religious Motives, Convenience, Perceived Value, Word of mouth, Service Quality, Religious Motives, Convenience, Perceived Value, Word of mouth
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: M. Ridho Musfiq A
Date Deposited: 08 Aug 2023 08:06
Last Modified: 08 Aug 2023 08:06
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13166

Actions (login required)

View Item
View Item