ANALISIS TINGKAT PENGEMBALIAN PENDIDIKAN DI PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2022

NURMALIA, Putri and KIRANA, Mayanggita,(26 July 2023), ANALISIS TINGKAT PENGEMBALIAN PENDIDIKAN DI PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN 2022. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (548kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (622kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (635kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (593kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (648kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (843kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris tingkat pengembalian pendidikan di Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2022. Hubungan antara pendapatan dan pendidikan diuji menggunakan pendekatan fungsi pendapatan Mincerian. Data Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) tahun 2022 digunakan dalam penelitian ini. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa tambahan capaian satu tahun sekolah secara rata-rata dapat meningkatkan pendapatan sebesar 6,7% setelah mengkoreksi adanya bias seleksi dalam data menggunakan metode Heckman Selection Model. Secara keseluruhan, hubungan antara pendapatan dan pendidikan konsisten dengan fungsi pendapatan Mincerian dan bukti sebelumnya yang menunjukkan bahwa peningkatan tahun pendidikan berkontribusi pada peningkatan pendapatan individu.
Keywords : Return on education, Mincerian earnings function, income, labor force., Tingkat pengembalian pendidikan, fungsi pendapatan Mincerian, pendapatan, tenaga kerja.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Putri Nurmalia
Date Deposited: 15 Aug 2023 01:51
Last Modified: 15 Aug 2023 01:51
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13204

Actions (login required)

View Item
View Item