ROZIQIN, Abdur Rozzaq Husnur and INDRIANI, Farida,(3 August 2023), PENGARUH PERSEPSI GAYA HIDUP, STATUS SOSIAL, KESADARAN MEREK, PERSEPSI KUALITAS, DAN KEBUTUHAN AKAN KEUNIKAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN LUXURY BRAND PADA GENERASI Z (STUDI PADA PRODUK FASHION MEWAH). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (36kB)
Download (36kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (184kB)
Download (184kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (360kB)
Download (360kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (192kB)
Download (192kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (326kB)
Download (326kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Perkembangan produk fashion mewah yang semakin pesat dan meluas
berdampak pada munculnya tren penggunaan produk fashion mewah sehingga
meningkatkan daya tarik serta keputusan pembelian konsumen. Konsumen
memanfaatkan nilai dari produk fashion mewah untuk mendapatkan berbagai
legitimasi yang ada atas penggunaan produk fashion mewah tersebut. Meskipun
demikian, produk fashion mewah dianggap sebagai produk yang mahal untuk
dijangkau oleh konsumen secara umum sehingga produk fashion mewah hanya dapat
dikonsumsi oleh kalangan tertentu saja. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk
menguji pengaruh persepsi gaya hidup, status sosial, kesadaran merek, persepsi
kualitas, dan kebutuhan akan keunikan terhadap keputusan pembelian konsumen
luxury brand pada Generasi Z (studi kasus pada produk fashion mewah).
Penelitian ini dilakukan dengan metode kuesioner online yaitu menggunakan
teknik non-probability sampling dengan desain accidental sampling terhadap 100
orang responden Generasi Z konsumen produk fashion mewah di Kota Semarang.
Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini meliputi uji validitas, uji
reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji koefisien
determinasi, uji statistik F dan T serta analisis regresi linier berganda menggunakan
software IBM SPSS Statistic 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi gaya hidup, status sosial,
kesadaran merek, persepsi kualitas, dan kebutuhan akan keunikan terbukti
memberikan pengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk fashion mewah
pada konsumen Generasi Z di Kota Semarang. Berdasarkan hasil penelitian ini
diharapkan perusahaan atau produsen produk fashion mewah dapat memfokuskan
aktivitas bisnis mereka untuk meningkatkan nilai internalnya melalui persepsi
konsumen atas kualitas produk yang diharapkan dan kesadaran merek yang diciptakan
serta pada sisi eksternalnya melalui pemuas atau pemenuhan kebutuhan dan keinginan
konsumen dalam hal gaya hidup, status sosial dan kebutuhan akan keunikan yang bisa
diperoleh dari mengkonsumsi produk fashion mewah tersebut sehingga dapat
mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian konsumen
Keywords : | Perceived lifestyle, social status, brand awareness, perceived quality, need for uniqueness, purchase decision, Persepsi gaya hidup, status sosial, kesadaran merek, persepsi kualitas, kebutuhan akan keunikan, keputusan pembelian |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Abdur Rozzaq Husnur Roziqin |
Date Deposited: | 16 Aug 2023 07:35 |
Last Modified: | 16 Aug 2023 07:35 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13224 |