PENGARUH PERSEPSI GAYA HIDUP, STATUS SOSIAL, KESADARAN MEREK, PERSEPSI KUALITAS, DAN KEBUTUHAN AKAN KEUNIKAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN LUXURY BRAND PADA GENERASI Z (STUDI PADA PRODUK FASHION MEWAH)

ROZIQIN, Abdur Rozzaq Husnur and INDRIANI, Farida,(3 August 2023), PENGARUH PERSEPSI GAYA HIDUP, STATUS SOSIAL, KESADARAN MEREK, PERSEPSI KUALITAS, DAN KEBUTUHAN AKAN KEUNIKAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN LUXURY BRAND PADA GENERASI Z (STUDI PADA PRODUK FASHION MEWAH). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (36kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (184kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (360kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (192kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (326kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan produk fashion mewah yang semakin pesat dan meluas berdampak pada munculnya tren penggunaan produk fashion mewah sehingga meningkatkan daya tarik serta keputusan pembelian konsumen. Konsumen memanfaatkan nilai dari produk fashion mewah untuk mendapatkan berbagai legitimasi yang ada atas penggunaan produk fashion mewah tersebut. Meskipun demikian, produk fashion mewah dianggap sebagai produk yang mahal untuk dijangkau oleh konsumen secara umum sehingga produk fashion mewah hanya dapat dikonsumsi oleh kalangan tertentu saja. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh persepsi gaya hidup, status sosial, kesadaran merek, persepsi kualitas, dan kebutuhan akan keunikan terhadap keputusan pembelian konsumen luxury brand pada Generasi Z (studi kasus pada produk fashion mewah). Penelitian ini dilakukan dengan metode kuesioner online yaitu menggunakan teknik non-probability sampling dengan desain accidental sampling terhadap 100 orang responden Generasi Z konsumen produk fashion mewah di Kota Semarang. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji koefisien determinasi, uji statistik F dan T serta analisis regresi linier berganda menggunakan software IBM SPSS Statistic 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi gaya hidup, status sosial, kesadaran merek, persepsi kualitas, dan kebutuhan akan keunikan terbukti memberikan pengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk fashion mewah pada konsumen Generasi Z di Kota Semarang. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan perusahaan atau produsen produk fashion mewah dapat memfokuskan aktivitas bisnis mereka untuk meningkatkan nilai internalnya melalui persepsi konsumen atas kualitas produk yang diharapkan dan kesadaran merek yang diciptakan serta pada sisi eksternalnya melalui pemuas atau pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen dalam hal gaya hidup, status sosial dan kebutuhan akan keunikan yang bisa diperoleh dari mengkonsumsi produk fashion mewah tersebut sehingga dapat mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian konsumen
Keywords : Perceived lifestyle, social status, brand awareness, perceived quality, need for uniqueness, purchase decision, Persepsi gaya hidup, status sosial, kesadaran merek, persepsi kualitas, kebutuhan akan keunikan, keputusan pembelian
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Abdur Rozzaq Husnur Roziqin
Date Deposited: 16 Aug 2023 07:35
Last Modified: 16 Aug 2023 07:35
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13224

Actions (login required)

View Item
View Item