ANALISIS PERMINTAAN TENAGA KERJA PADA INDUSTRI KECIL DAN MIKRO DI INDONESIA TAHUN 2018-2021

DEWI, Yesi Krismunita and GUNANTO, Edy Yusuf Agung,(28 August 2023), ANALISIS PERMINTAAN TENAGA KERJA PADA INDUSTRI KECIL DAN MIKRO DI INDONESIA TAHUN 2018-2021. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (60kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (45kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (59kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (68kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (109kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (607kB) | Request a copy

Abstract

Sektor industri merupakan sektor dengan penyumbang PDB terbesar bagi Indonesia, oleh karena itu sektor industri manufaktur yang dianggap sebagai leading sector bagi sektor lain dan diharapkan dapat menjadi exit strategi dalam permasalahan ketenagakerjaan. Namun kemampuan menyerap tenaga kerja di industri pengolahan masih di bawah sektor pertanian dan perdagangan besar. Pada industri kecil dan mikro jumlah tenaga kerjanya mengalami penurunan sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis permintaan tenaga kerja di industri kecil dan mikro di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan dengan data sekunder berupa data panel yaitu penggabungan data runtun waktu (time series) yaitu tahun 2018-2021 dan data cross section yaitu 23 subsektor industri sehingga menghasilkan total 92 observasi. Varibel dependen yang digunakan adalah permintaan tenaga kerja sedangkan variabel independennya adalah upah dan nilai output. Hasil regresi data panel menggunakan pendekatan Fixed Effect Model menunjukkan bahwa variabel output berpengaruh positif dan signifikan terhadap permintaan tenaga kerja sedangkan variabel upah dan dummy industri barang berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap permintaan tenaga kerja. Kata kunci: Permintaan tenaga kerja, output, upah, kecil, mikro Fixed Effect Model.
Keywords : Labor demand, output, wages, small, micro Fixed Effect Model, Permintaan tenaga kerja, output, upah, kecil, mikro Fixed Effect Model.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: YESI KRISMUNITA DEWI
Date Deposited: 29 Aug 2023 02:33
Last Modified: 29 Aug 2023 02:33
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13291

Actions (login required)

View Item
View Item