ANALISIS EFEKTIVITAS PENGENDALIAN RISIKO KREDIT PERBANKAN DENGAN KEBIJAKAN MAKROPRUDENSIAL DI INDONESIA

SIBAGARIANG, Lenka Vanessa Kezia and REJEKININGSIH, Tri Wahyu,(6 September 2023), ANALISIS EFEKTIVITAS PENGENDALIAN RISIKO KREDIT PERBANKAN DENGAN KEBIJAKAN MAKROPRUDENSIAL DI INDONESIA. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (19kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (6kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (5kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (19kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (144kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Risiko kredit yang tinggi akan berpengaruh terhadap kesehatan bank yang akan menjadi faktor penyebab risiko sistemik. Oleh karena itu, bank sentral turut aktif dalam menanggulangi risiko ini dengan menetapkan kebijakan makroprudensial. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas kebijakan makroprudensial dalam mengendalikan risiko kredit perbankan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan Non Performing Loan (NPL) sebagai indikator risiko kredit. Sedangkan, sebagai indikator dari kebijakan makroprudensial digunakan instrumen-instrumen kebijakan seperti: LTV (Loan to Value), RIM (Rasio Intermediasi Makroprudensial), DTI (Debt to Income), dan COC (Ceilings on Credit). Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel. Periode waktu dalam penelitian ini adalah data bulanan selama tahun 2018 sampai dengan tahun 2022 dari 4 kelompok bank. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa secara simultan setiap instrumen kebijakan makroprudensial, baik itu RIM, DTI, dan COC mempengaruhi risiko kredit perbankan di Indonesia. Secara parsial, RIM dan COC mempengaruhi risiko kredit secara signifikan. Berdasarkan hasil penelitian, pelonggaran kebijakan pada LTV tidak mampu untuk menekan nilai NPL. Kata Kunci: Risiko Kredit, Non Performing Loan (NPL), Kebijakan Makroprudensial, Fixed Effect Model (FEM)
Keywords : Credit Risk, Non Performing Loan (NPL), Macroprudential Policy, Fixed Effect Model (FEM), Risiko Kredit, Non Performing Loan (NPL), Kebijakan Makroprudensial, Fixed Effect Model (FEM)
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Lenka Vanessa Kezia Sibagariang
Date Deposited: 25 Sep 2023 06:02
Last Modified: 25 Sep 2023 06:05
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13402

Actions (login required)

View Item
View Item