ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN BANK DIGITAL DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (Studi pada Generasi Milenial Muslim Pengguna Bank Jago Syariah)

FADILAH, Suci Nurul and MAS'UD, Fuad,(14 September 2023), ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN BANK DIGITAL DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (Studi pada Generasi Milenial Muslim Pengguna Bank Jago Syariah). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat mendorong perbankan bertransformasi dari era tradisional menuju era digital. Era baru perbankan digital ini menghadirkan layanan keuangan berbasis teknologi tanpa melalui kontak langsung dengan nasabah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan bank digital Jago Syariah dengan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) yang dimodifikasi. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner yang disebar secara online. Sampel yang gunakan pada penelitian ini sebanyak 115 responden dengan menggunakan teknik Accidental Sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan alat analisis SPSS Statistics 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kemudahan, persepsi kegunaan, keuntungan relatif, pengaruh sosial, dan religiusitas secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap penggunaan bank digital Jago Syariah. Secara parsial persepsi kemudahan, persepsi kegunaan, dan religiusitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan bank Jago Syariah. Sedangkan keuntungan relatif dan pengaruh sosial secara parsial berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap penggunaan bank Jago Syariah. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa penggunaan bank digital Jago Syariah yang dipengaruhi oleh persepsi kemudahan, persepsi kegunaan, keuntungan relatif, pengaruh sosial, dan religiusitas sebesar 69,1%. Sisanya sebesar 30,9% lainnya dipengaruhi faktor lainnya yang tidak terdapat pada studi.
Keywords : Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, Relative Advantages, Social Influence, Religiosity, Adoption of Digital Banking, Jago Syariah., Persepsi Kemudahan, Persepsi Kegunaan, Keuntungan Relatif, Pengaruh Sosial, Religiusitas, Penggunaan Bank Digital, Jago Syariah.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Suci Nurul Fadilah
Date Deposited: 27 Sep 2023 01:10
Last Modified: 27 Sep 2023 01:10
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13416

Actions (login required)

View Item
View Item