ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMISKINAN RUMAH TANGGA DI KABUPATEN KEBUMEN (TAHUN 2021)

FATIMAH, Karima Nurul and SANTOSA, Purbayu Budi,(10 August 2023), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMISKINAN RUMAH TANGGA DI KABUPATEN KEBUMEN (TAHUN 2021). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (16kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (55kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (54kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (75kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (140kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kemiskinan merupakan isu makroekonomi yang kompleks dan berkelanjutan yang dihadapi oleh banyak negara, termasuk Indonesia. Beberapa wilayah di Indonesia, seperti Kebumen di Jawa Tengah, masih mengalami tingkat kemiskinan yang tinggi pada periode 2019-2021, melebihi rata-rata nasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana berbagai faktor seperti jumlah anggota rumah tangga, usia kepala rumah tangga, tingkat pendidikan kepala rumah tangga, jenis pekerjaan kepala rumah tangga, akses terhadap kredit usaha rakyat (KUR), dan lokasi tempat tinggal memengaruhi kemungkinan kemiskinan rumah tangga di Kabupaten Kebumen. Untuk mencapai tujuan penelitian akan digunakan metode Regresi Logistik, penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah anggota rumah tangga, jenis pekerjaan kepala rumah tangga, dan akses KUR berpengaruh signifikan terhadap tingkat kemiskinan rumah tangga di Kebumen. Hasil ini juga membuktikan bahwa rumah tangga dengan jumlah anggota lebih dari empat memiliki risiko kemiskinan yang lebih tinggi daripada rumah tangga dengan jumlah anggota satu hingga empat. Selain itu, rumah tangga yang memiliki akses terhadap KUR memiliki risiko kemiskinan yang lebih rendah dibandingkan dengan yang tidak memiliki akses ke KUR.
Keywords : Household Poverty, Number of Household Members, Occupation of Head of Household, Access to KUR., Kemiskinan Rumah Tangga, Jumlah Anggota Rumah Tangga, Pekerjaan Kepala Rumah Tangga, Akses KUR.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Pembangunan
Depositing User: Karima Nurul Fatimah
Date Deposited: 27 Sep 2023 03:26
Last Modified: 03 Oct 2023 04:44
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13417

Actions (login required)

View Item
View Item