ANALISIS PENGARUH CONSUMER SATISFACTION, HALAL PRODUCT QUALITY DAN EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP CUSTOMER RETENTION (Studi pada Konsumen Restoran Emados Shawarma Cabang Semarang)

PRATAMA, Firdian Rizky and MAS'UD, Fuad,(14 September 2023), ANALISIS PENGARUH CONSUMER SATISFACTION, HALAL PRODUCT QUALITY DAN EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP CUSTOMER RETENTION (Studi pada Konsumen Restoran Emados Shawarma Cabang Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (141kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (45kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (58kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (74kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (152kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perubahan perilaku konsumen terutama pada sektor makanan dan minuman sangat lah cepat. Hal tersebut dapat di pengaruhi oleh banyak faktor seperti trend dan budaya hingga pengalaman yang konsumen dapatkan saat mengkonsumsi sebuah produk. Hal tersebut terus berkembang di setiap tahunnya dan terus membuat berkembangnya selera dan prilaku konsumen di pasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh kualitas produk halal, kepuasan konsumen serta experiential marketing terhadap tingakt retensi konsumen pada Restoran Emados Shawarma Semarang. Adapun populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang sudah memiliki intensitas kunjungan diatas 2 kali dan melakukan kunjungan terakhir dibawah 60 hari. Jumlah sample yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 orang dengan teknik accidental sampling yang dilakukan di restoran secara langsung. Pengumpulan data dihimpun dengan menggunakan kuesioner. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan SPSS versi 23 dan menggunakan teknik pengukuran skala likert. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial kepuasan konsumen memberikan pengaruh positif signifikan terhadap tingkat retensi konsumen pada restoran tersebut, begitupula dengan experiential marketing turut memberikan pengaruh positif signifikan terhadap tingkat retensi konsumen. Pada variabel kualitas produk halal, tidak menunjukan pengaruh yang signifikan terhadap tingkat retensi konsumen di restoran Emados Shawarma Semarang.Secara simultan seluruh variabel independen memberikan pengaruh yang positif terhadap tingkat retensi konsumen dengan menunjukan nilai koefisien R2 sebesar 0,688.
Keywords : Halal Quality, Experiential Marketing, Consumer Satisfaction, Consumer Retention, Restaurant, Kualitas Halal, Kepuasan Konsumen, Experiential Marketing, Retensi Konsumen, Restoran
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Depositing User: Firdian Rizky Pratama
Date Deposited: 29 Sep 2023 02:49
Last Modified: 29 Sep 2023 02:49
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13432

Actions (login required)

View Item
View Item