ANALISIS PENGARUH SERVICE INNOVATION TERHADAP CUSTOMER LOYALTY DENGAN VALUE IN USE DAN CUSTOMER ENGAGEMENT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Pengguna Platform Musik : Spotify)

ANNISA, Nazhifah Widaad and FERDINAND, Augusty Tae,(21 September 2023), ANALISIS PENGARUH SERVICE INNOVATION TERHADAP CUSTOMER LOYALTY DENGAN VALUE IN USE DAN CUSTOMER ENGAGEMENT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Pengguna Platform Musik : Spotify). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (42kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (10kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (11kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (19kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (166kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi baru yang eksponensial, telah membawa arus perubahan bagi industri musik di Indonesia dalam kaitannya dengan produksi, distribusi, dan konsumsi. Perubahan ini melahirkan konsep baru dalam distribusi musik digital, seperti misalnya musik sebagai layanan (Music as a Service). Oleh karena itu, adanya fenomena bisnis ini memberikan implikasi bagi layanan platform streaming musik, terutama berkaitan dengan loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk memberi jawab atas inkonsistensi hasil kesenjangan dari studi terdahulu, khususnya dalam mengeksplorasi serta mengembangkan kerangka konseptual yang melibatkan variabel variabel utama seperti inovasi layanan, nilai dalam penggunaan, keterlibatan konsumen, dan loyalitas pelanggan. Penelitian ini berdasar pada perspektif teori service dominant logic yang kemudian diperkuat oleh literatur literatur terdahulu. Responden dalam peneliltian ini merupakan Pengguna Spotify di Kota Semarang yang secara aktif menggunakan platform tersebut maupun sedang berlangganan Paket Premium Spotify. Pengumpulan data pada ini melibatkan 301 responden yang selanjutnya di analisis secara kuantitatif dengan menggunakan Model Persamaan Struktural (SEM) dengan program Analisis Moment Struktural (AMOS) Versi 24. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukan bahwa hubungan antara service innovation dan customer loyalty dapat diperkuat dengan adanya mediasi dari variabel value in use dan customer engagement. Service innovation memiliki pengaruh positif secara signifikan terhadap value in use, selanjutnya value in use memiliki hubungan yang positif signifikan terhadap customer engagement, kemusian value in use memiliki hubungan yang positif signifikan terhadap customer loyalty, serta customer engagement memiliki hubungan yang positif signifikan terhadap customer loyalty. Dengan begitu, seluruh hipotesis dalam penelitian ini diterima serta diharapkan implikasi pada kebijakan manajemen dapat bermanfaat bagi para manajer untuk menunjang keunggulan kompetitif perusahaan dengan merancang strategi serta menentukan keputusan pemasaran terbaik.
Keywords : Service Innovation, Value in Use, Customer Engagement, Customer Loyalty., Inovasi Layanan, Nilai dalam Penggunaan, Keterlibatan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Nazhifah Widaad Annisa
Date Deposited: 29 Sep 2023 03:12
Last Modified: 06 Nov 2023 08:09
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13434

Actions (login required)

View Item
View Item