ANNISA, Nazhifah Widaad and FERDINAND, Augusty Tae,(21 September 2023), ANALISIS PENGARUH SERVICE INNOVATION TERHADAP CUSTOMER LOYALTY DENGAN VALUE IN USE DAN CUSTOMER ENGAGEMENT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Pengguna Platform Musik : Spotify). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (42kB)
Download (42kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (10kB)
Download (10kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (11kB)
Download (11kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (19kB)
Download (19kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (166kB)
Download (166kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Perkembangan teknologi baru yang eksponensial, telah membawa arus
perubahan bagi industri musik di Indonesia dalam kaitannya dengan produksi,
distribusi, dan konsumsi. Perubahan ini melahirkan konsep baru dalam distribusi
musik digital, seperti misalnya musik sebagai layanan (Music as a Service). Oleh
karena itu, adanya fenomena bisnis ini memberikan implikasi bagi layanan platform
streaming musik, terutama berkaitan dengan loyalitas pelanggan. Penelitian ini
bertujuan untuk memberi jawab atas inkonsistensi hasil kesenjangan dari studi
terdahulu, khususnya dalam mengeksplorasi serta mengembangkan kerangka
konseptual yang melibatkan variabel variabel utama seperti inovasi layanan, nilai
dalam penggunaan, keterlibatan konsumen, dan loyalitas pelanggan. Penelitian ini
berdasar pada perspektif teori service dominant logic yang kemudian diperkuat oleh
literatur literatur terdahulu. Responden dalam peneliltian ini merupakan Pengguna
Spotify di Kota Semarang yang secara aktif menggunakan platform tersebut
maupun sedang berlangganan Paket Premium Spotify. Pengumpulan data pada ini
melibatkan 301 responden yang selanjutnya di analisis secara kuantitatif dengan
menggunakan Model Persamaan Struktural (SEM) dengan program Analisis
Moment Struktural (AMOS) Versi 24.
Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukan bahwa hubungan antara
service innovation dan customer loyalty dapat diperkuat dengan adanya mediasi
dari variabel value in use dan customer engagement. Service innovation memiliki
pengaruh positif secara signifikan terhadap value in use, selanjutnya value in use
memiliki hubungan yang positif signifikan terhadap customer engagement,
kemusian value in use memiliki hubungan yang positif signifikan terhadap
customer loyalty, serta customer engagement memiliki hubungan yang positif
signifikan terhadap customer loyalty. Dengan begitu, seluruh hipotesis dalam
penelitian ini diterima serta diharapkan implikasi pada kebijakan manajemen dapat
bermanfaat bagi para manajer untuk menunjang keunggulan kompetitif perusahaan
dengan merancang strategi serta menentukan keputusan pemasaran terbaik.
Keywords : | Service Innovation, Value in Use, Customer Engagement, Customer Loyalty., Inovasi Layanan, Nilai dalam Penggunaan, Keterlibatan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Nazhifah Widaad Annisa |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 03:12 |
Last Modified: | 06 Nov 2023 08:09 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/13434 |